Kompas.com - 12/02/2017, 07:05 WIB
Deluxe Room di Hilton Garden Inn Bali. Hotel ini punya 291 kamar yang terbagi menjadi empat tipe: Deluxe Room, One Bedroom Suite, Family Room, dan Presidential Suite. KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRIDeluxe Room di Hilton Garden Inn Bali. Hotel ini punya 291 kamar yang terbagi menjadi empat tipe: Deluxe Room, One Bedroom Suite, Family Room, dan Presidential Suite.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada orang yang punya kebiasaan untuk membawa "tanda kenangan" dari hotel tempatnya menginap. Tak salah memang, namun sebelum memutuskan untuk membawa pulang barang dari kamar hotel, ketahui dahulu apa yang boleh dan tak boleh dibawa pulang. Sebab salah bawa, bisa berujung diberi tagihan untuk membayar kehilangan barang hotel tersebut.

"Semua yang disediakan hotel untuk membuat kenyamanan tamu untuk menginap. Tetapi biasanya ada orang yang ingin punya kenangan dari tempatnya menginap," kata Assistant Director of Marketing & Communications Hotel Gran Melia Jakarta, Wike Trisnandhini saat dihubungi KompasTravel, Jumat (10/2/2017).

Dilansir dari situs Sleeping Around, barang-barang yang boleh dibawa pulang dari hotel adalah yang memiliki huruf depan S dimulai dari sabun, sampo, shower gel, shower cap, sewing kit (peralatan menjahit), stationery (alat tulis), shoe shine kits (semir sepatu), dan slippers (sandal hotel).

Teh dan kopi yang disediakan oleh pihak hotel menurut Wike juga boleh dibawa pulang oleh para tamu. Ada juga hotel yang menyediakan shopping bag (tas belanja) yang boleh dibawa pulang oleh tamunya. Hotel Mulia adalah salah satu hotel yang menyediakan shopping bag.

Sayangnya ada tamu hotel yang tak mengetahui daftar barang yang boleh dibawa pulang, hingga kadang handuk dan bantal juga dibawa pulang. Hal ini diungkapkan oleh Wike, dan dibenarkan oleh Director of Communications Hotel Mulia, Romy Herlambang.

"Prosedurnya petugas housekeeping akan memeriksa apakah ada (barang dari) mini bar yang dikonsumsi atau barang yang terbawa. Kalau memang ada barang terbawa di luar yang boleh dibawa maka akan diberi pilihan mau dikembalikan atau di-charge (dikenakan biaya)," kata Wike.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan Romy mengatakan sebenarnya ada cara lain jika tamu memang ingin membawa barang hotel yang tak boleh dibawa pulang.

"Di Hotel Mulia, kalau tamu ingin membawa pulang barang, bisa membeli di gerai toko yang disediakan hotel, Mulia Shop" kata Romy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.