Melihat Cara Membuat Mobil Secara Manual di Museum Toyota Jepang

Kompas.com - 12/02/2017, 16:14 WIB
Replika Mobil pertama Toyota, Toyoda Model AA dipajangkan di lantai pertama museum Toyota, Sabtu (11/2/2017). Kompas.com/ Farid AssifaReplika Mobil pertama Toyota, Toyoda Model AA dipajangkan di lantai pertama museum Toyota, Sabtu (11/2/2017).
Penulis Farid Assifa
|
EditorI Made Asdhiana

JEPANG, KOMPAS.com - Banyak destinasi wisata menarik yang jangan sampai Anda lewatkan ketika mengunjungi Jepang.

Salah satunya adalah museum Toyota. Wartawan Kompas.com, Farid Assifa, sempat mengunjungi ketiga tempat tersebut bersama sejumlah jurnalis dan blogger dalam rangka Cathay Pacific's Media Familiarization to Japan, pada Sabtu (11/2/2017).

Museum ini berlokasi di dekat markas besar Toyota di Yokomichi, Kota Nagakute, Prefektur Aichi. Museum ini tak jauh dari Hotel Richmond, tempat kami menginap.

Museum Toyota yang dibuka pada tahun 1989 saat perayaan ke-50 Perusahaan Toyota Motor ini menampilkan sejarah teknologi pemintalan tenun dan pembuatan mobil.

(BACA: Kanagawa, Destinasi Antimainstream yang Keren di Jepang)

Setiap pengunjung akan diperlihatkan cara pemintalan tenun dan pembuatan mobil dengan menggunakan alat sederhana hingga canggih.

Misalnya, menenun kain, pengunjung bisa melihat cara menenun dengan alat berbahan kayu dan mesin otomatis. Alat-alat ini dioperasikan oleh masing-masing perempuan pemandu.

Demikian pula dengan alat pembuatan mobil. Pengunjung diperlihatkan teknologi manual membuat mobil (pembuatan bahan, perakitan dan pengecatan) hingga dengan menggunakan mesin robot.

(BACA: Kusatsu Onsen, Permandian Air Panas Terkenal di Jepang)

Misalnya, pembuatan mobil dengan tangan. Tampak patung beberapa pekerja sedang menempa besi untuk menutup kerangka mobil yang terbuat dari kayu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X