Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Cara Membuat Mobil Secara Manual di Museum Toyota Jepang

Kompas.com - 12/02/2017, 16:14 WIB
Farid Assifa

Penulis

JEPANG, KOMPAS.com - Banyak destinasi wisata menarik yang jangan sampai Anda lewatkan ketika mengunjungi Jepang.

Salah satunya adalah museum Toyota. Wartawan Kompas.com, Farid Assifa, sempat mengunjungi ketiga tempat tersebut bersama sejumlah jurnalis dan blogger dalam rangka Cathay Pacific's Media Familiarization to Japan, pada Sabtu (11/2/2017).

Museum ini berlokasi di dekat markas besar Toyota di Yokomichi, Kota Nagakute, Prefektur Aichi. Museum ini tak jauh dari Hotel Richmond, tempat kami menginap.

Museum Toyota yang dibuka pada tahun 1989 saat perayaan ke-50 Perusahaan Toyota Motor ini menampilkan sejarah teknologi pemintalan tenun dan pembuatan mobil.

(BACA: Kanagawa, Destinasi Antimainstream yang Keren di Jepang)

Setiap pengunjung akan diperlihatkan cara pemintalan tenun dan pembuatan mobil dengan menggunakan alat sederhana hingga canggih.

Misalnya, menenun kain, pengunjung bisa melihat cara menenun dengan alat berbahan kayu dan mesin otomatis. Alat-alat ini dioperasikan oleh masing-masing perempuan pemandu.

Demikian pula dengan alat pembuatan mobil. Pengunjung diperlihatkan teknologi manual membuat mobil (pembuatan bahan, perakitan dan pengecatan) hingga dengan menggunakan mesin robot.

(BACA: Kusatsu Onsen, Permandian Air Panas Terkenal di Jepang)

Misalnya, pembuatan mobil dengan tangan. Tampak patung beberapa pekerja sedang menempa besi untuk menutup kerangka mobil yang terbuat dari kayu.

Selain itu, diperlihatkan juga alat cetak sederhana blok mesin untuk mobil pertama Toyota.

Kompas.com/ Farid Assifa Patung pekerja sedang menempa besi untuk menutupi bodi mobil yang terbuat dari bahan kayu di museum Toyota, Jepang, Sabtu (11/2/2017).
Di ruang otomotif ini juga ditampilkan replika mobil dari seluruh dunia yang menunjukkan kemajuan teknologi otomotif dari kendaraan tenaga bensin pertama hingga mobil-mobil modern.

Mobil pertama Toyota, Toyoda Model AA yang dibuat pada tahun 1936, pun ikut ditampilkan. Hanya saja mobil tersebut hanya replika. Sedangkan mobil yang asli disimpan di museum Inggris.

Kendati model replika, mobil tersebut bisa dijalankan pada hari tertentu, yakni pada perayaan ulang tahun museum.

"Mobil replika ini sama persis dengan aslinya dan bisa dijalankan. Biasanya pada perayaan ulang tahun museum," kata seorang pemandu museum.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com