Kompas.com - 12/02/2017, 21:10 WIB
Ilustrasi brankas. shutterstockIlustrasi brankas.
|
EditorI Made Asdhiana

 JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah check out dari hotel kemudian baru ingat jika ada barang yang tertinggal. Alangkah mudah jika lokasi masih belum begitu jauh dari hotel, tetapi akan menjadi repot jika hotel tersebut berada di luar kota atau luar negeri.

Apabila ketinggalan barang setelah check out dari hotel, jangan panik. Ada prosedur yang diberlakukan oleh pihak hotel untuk menangani barang tertinggal.  

"Jangankan barang di kamar hotel, apa pun barang yang tertinggal di hotel, staf hotel akan berkoordinasi dengan petugas house keeping dan security. Barang tersebut pasti akan disimpan, yang sulit kalau ditemukan oleh orang lain (selain petugas hotel)," kata Director of Communications Hotel Mulia Senayan Jakarta, Romy Herlambang saat dihubungi KompasTravel, Jumat (10/2/2017).  

Ketika menemukan barang tamu yang tertinggal khususnya di kamar, pihak hotel biasanya akan memberi tahu tamu tersebut melalui telepon atau email.

Assistant Director of Marketing & Communications Hotel Gran Melia Jakarta, Wike Trisnandhini mengatakan kebanyakan hotel international chain biasanya memiliki aturan menyimpan barang tamu yang tertinggal selama tiga bulan. 

"Jika tamu sudah dihubungi dan barang tidak diklaim maka setelah tiga bulan barang tersebut diberikan kepada orang yang menemukannya," kata Wike.

Barang tertinggal dapat disimpan lebih dari tiga bulan, apabila tamu mengklaim barang tertinggal, dan meminta untuk disimpan dalam waktu lebih lama.

"Karena ada tamu yang misalnya menginap di Hotel Mulia Jakarta, tinggalnya di Amerika dan baru ke Jakarta dalam waktu lama, seperti enam bulan, itu tak apa-apa," kata Romy.

Jika masih dalam wilayah Indonesia, pihak hotel biasanya juga bersedia mengirimkan barang tersebut secara cuma-cuma. "Kecuali di luar negeri atau emas, karena itu harus pakai asuransi dan harga kirimnya mahal jadi dikenakan biaya," kata Wike. 

Barang-barang yang tertinggal di kamar hotel juga beragam, mulai dari pakaian, uang, perhiasan, paspor, sampai cincin pernikahan.

"Paling sering itu uang dan perhiasan yang ditaruh di deposit box. Mungkin karena tak terlihat dan lupa mengambil saat check out," kata Romy.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.