Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Meroz, Hotel Halal Pertama di Bangkok Resmi Dibuka

Kompas.com - 13/02/2017, 08:03 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Thailand akhirnya punya hotel halal. Hal itu ditandai dengan dibukanya Hotel Al Meroz lewat acara grand opening di Ramkhamhaeng, Bangkok, Sabtu (11/2/2017).

Namun, di Hotel Al Meroz, pasangan yang hendak menginap tak perlu menunjukkan surat nikah sebagaimana halnya hotel halal di Indonesia.

Ya, sebagaimana hotel halal di Thailand, Al Meroz hanya menjamin ketersediaan makanan, minuman, dan fasilitas yang diperbolehkan dalam Islam.

(BACA: Bangkok, Destinasi Termurah untuk Liburan Akhir Tahun di Asia)

Hotel bintang empat ini memiliki 242 kamar dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti ruang pertemuan, ruang rapat, kolam renang di atap hotel, gym, dan sebagainya.

Al Meroz dalam bahasa Arab artinya warisan atau pusaka.

Dokumen TS Family Group Al Meroz Hotel diklaim sebagai hotel halal pertama di Bangkok, dan Thailand.
Nama itu dipilih untuk menghadirkan jejak Islam dalam dunia wisata, lengkap dengan tata cara Islam, namun hadir dengan fasilitas yang mengesankan bagi tamu Muslim dan non Muslim.

"Ini hotel yang unik dalam sejarah pariwisata Thailand. Tentunya kehadiran hotel ini akan berperan besar dalam membantu otoritas pariwisata Thailand," ujar Presiden dan CEO Hotel Al Meroz, Rausak Mulsap dalam acara pembukaan Hotel Al Meroz.

(BACA: Rute Bandung-Bangkok Diharapkan Mulai 2017)

Ia menambahkan, keberadaan Hotel Al Meroz di Thailand juga membantu negara-negara ASEAN dalam mewujudkan visi bersama yakni satu visi, satu identitas, dan satu komunitas.

Untuk mencapai integrasi di antara sepuluh negara ASEAN, terutama dalam hal ekonomi dan kebudayaan, Rausak menyatakan Thailand siap menjadi salah satu pusat area integrasi tersebut.

Hal itu dibuktikan dengan tingginya kunjungan turis dari negara tetangga yang notabene mayoritas penduduk Muslim seperti Malaysia, Indonesia, dan Brunei.

Dokumen TS Family Group Tipikal kamar Al Meroz Hotel.
Selain itu, beberapa negara Islam lainnya seperti Pakistan, Bangladesh, dan negara-negara di Timur Tengah juga diharapkan mulai merasakan keterbukaan masyarakat Thailand terhadap umat Islam dengan hadirnya Al Meroz.

"Kami bangga bisa mewujudkan harapan Raja Thailand agar semua etnis yang terdiri dari berbagai macam kultur bisa hidup bersama dalam kedamaian dan harmoni. Sebanyak 60 persen staf kami Muslim. Kami pun saling berbagi dan bekerja sama dengan yang non Muslim," kata Rausak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com