Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desember 2016, Lebih dari Satu Juta Wisman Datang ke Indonesia

Kompas.com - 16/02/2017, 15:07 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) selama bulan Desember 2016 sebanyak 1.113.328 orang. Hal itu disampaikan oleh Ketua BPS, Kecuk Suharyanto dalam acara jumpa pers di Kantor BPS, Kamis (16/2/2017).

Jumlah wisman yang masuk melalui 19 pintu utama sebanyak 978.699 orang dan di luar pintu utama sebanyak 134.629 orang. Kunjungan wisman selama bulan Desember 2016 didominasi dari Singapura, Malaysia, China, Australia, dan India.

BACA: Indonesia, Negara Penyumbang Wisman Terbanyak ke-9 di Korsel

Dibandingkan dengan kunjungan wisman selama November 2016, angka tersebut naik sebesar 11,07 persen. Mayoritas wisman masuk melalui jalur udara yaitu Bandara Ngurah Rai (Bali) dan Soekarno Hatta (Cengkareng). Lewat jalur laut, banyak wisman masuk melalui Pelabuhan Batam.

"Yang perlu di-highlight mulai bulan Oktober 2016, BPS kerja sama dengan Kementerian Pariwisata menggunakan data roaming. Ini digunakan di tempat Pos Lintas Batas yang tidak punya tempat pencatatan imigrasi," kata Suharyanto.

BACA: Seperti Apa Cara Pencatatan Wisman Lintas Batas dengan Data Roaming?

Hal itu, menurut Suharyanto, lantaran kondisi geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan dan prasarana yang belum memadai untuk memantau pergerakan manusia di wilayah perbatasan. Data roaming digunakan untuk meningkatkan akurasi pencatatan data kunjungan wisman mulai bulan Oktober.

Adapun 19 pintu masuk utama wisman adalah Soekarno-Hatta, Ngurah Rai, Kualanamu, Batam, Sam Ratulangi, Juanda, Entikong, Adi Soemarmo, Minangkau, Pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Pinang, Bandara Internasional Lombok, Hasanuddin, Sepinggan, Sultan Syarif Kasim II, Adi Sucipto, Husein Sastranegara, Pelabuhan Tanjung Uban, dan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com