Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pesona NTB Masuk Kalender Pariwisata Nasional

Kompas.com - 18/02/2017, 13:09 WIB

PRAYA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata menetapkan tiga kegiatan kepariwisataan di Nusa Tenggara Barat menjadi kalender tetap pariwisata nasional.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, di Lombok Tengah, Kamis (16/2/2017) mengatakan tiga event itu adalah Festival Bau Nyale di Kabupaten Lombok Tengah, Pesona Tambora di Kabupaten Dompu, dan Bima serta Tour de Lombok Sumbawa.

"Festival Bau Nyale salah satu yang ditetapkan jadi kalender pariwisata nasional dari tiga yang diusulkan NTB. Dua lagi Pesona Tambora dan Tour de Lombok Sumbawa," kata Esthy di sela-sela acara Pesona Bau Nyale di Pantai Seger, Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

(BACA: NTB Gelar Great Sale dan Festival Pesona Bau Nyale)

Ia menjelaskan sesuai arahan Presiden Joko Widodo setiap event harus dikelola secara profesional.

KOMPAS.COM/KARNIA SEPTIA Opening Ceremony Festival Pesona Tambora yang berlangsung di halaman kantor gubernur NTB, Mataram, Sabtu (9/4/2016).
Oleh karena itu Kemenpar akan siap memberikan dukungan melalui pemberian pendampingan, seperti pada penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) yang dilaksanakan di Mandalika tahun 2016.

"Untuk dukung daerah kita juga lakukan beberapa upaya selain promosi, termasuk pengelolaan kawasan seperti yang dilakukan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di KEK Mandalika, dengan harapan mendatangkan investasi," jelasnya.

(BACA: Pemprov NTB Luncurkan Kalender Pariwisata Tahun 2017)

Sementara itu, untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang kepariwisataan di NTB, menurut Esthy, Kemenpar sudah juga membangun Politeknik Pariwisata Lombok (Poltekpar).

ARSIP BIRO HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPAR Pemukulan gendang beleq oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty sebagai tanda peluncuran Calendar of Event Lombok-Sumbawa 2017 di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (15/12/2016).
"Tahun ini, kita kolaborasi tidak hanya pusat dan daerah, tapi juga akademisi makanya ada Poltekpar. Termasuk kerja sama dengan pelaku industri," katanya.

Pemerintah Provinsi NTB telah menetapkan 22 event pariwisata di 2017, tiga di antaranya Festival Bau Nyale 11-17 Februari, Pesona Tambora pada 11-19 April dan Tour de Lombok Sumbawa digelar 22-23 September. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com