Menpar Resmikan Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta

Kompas.com - 19/02/2017, 16:03 WIB
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meresmikan Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (18/2/2017). KEMENPAR/BIRO KOMUNIKASI PUBLIKMenteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meresmikan Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (18/2/2017).
|
EditorSri Anindiati Nursastri

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meresmikan Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (18/2/2017). Air mancur terbesar di Asia Tenggara ini menjadi ikon pariwisata Purwakarta yang dikenal sebagai kota yang memiliki 1.000 taman. 

Air Mancur Taman Sri Baduga yang berada di kawasan Situ Buleud ini menjadi destinasi favorit masyarakat. Setiap malam Minggu, digelar pertunjukan kesenian berupa drama tari dan musik  antara lain kelompok Charly Van Houten, Emka 9, dan Purwakancana Percution, serta tarian kolosal.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta membuat taman yang indah lengkap dengan atraksi berupa air mancur dan pertunjukan kesenian ini.

“Taman ini akan dioperasikan tiap malam Minggu pada jam-jam pertunjukan pukul 19.30, 21.00 dan 22.00 WIB. Fasilitas ini dapat diknikmati oleh masyarakat secara gratis. Ini tentu akan meningkatkan kualitas hidup serta kebahagian masyarakat,” kata Menpar Arief Yahya seperti dikutip dari rilis yang diterima KompasTravel, Minggu (19/2/2017).  

BACA: Mbah Jawer... Kampung Air Cantik di Purwakarta

Arief Yahya mengatakan bahwa tujuan pariwisata adalah meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Kehadiran Air Mancur Taman Sri Baduga ini, lanjutnya, adalah upaya Pemkab Purwakarta untuk mewujudkan tujuan tersebut. Sisi lain air mancur ini, menurut Arief Yahya, sebagai atraksi untuk menarik kunjungan wisatawan.

“Tekad Pemkab Purwakarta meningkatkan unsur 3A (Atraksi, Amenities, dan Aksesibilitas) akan membuahkan hasil dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke daerah ini.  Kunjungan wisatawan ke Purwakarta per November 2016 sebanyak 903.885 orang (terdiri 1.280 wisman dan 902.605 wisnus) mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Arief.

Air Mancur Taman Sri Baduga merupakan pengembangan dari Situ Buleud yang dibangun sejak 2013 dan mulai diresmikan tahap pertama pada Januari 2014. Keberadaan Taman Sri Baduga ini melengkapi Purwakarta sebagai destinasi 1.000 taman seperti Taman Pesanggrahan Padjajaran sampai Taman Wakuncar.

BACA: Menpar: Air Mancur Purwakarta, Keren...

Air Mancur Taman Sri Baduga  diperindah dengan patung Prabu Kian Santang, anak Prabu Siliwangi atau Sri Baduga. Patung itu dibuat dengan posisi duduk dan kaki bersila bersama bunga lotus besar.

Di sekeliling patung ada dua ribu semprotan air mancur yang menari mengikuti irama musik serta ornamen pewayangan. Untuk menarik para pengunjung taman tersebut dilengkapi dengan fasilitas air siap minum serta booth untuk para penggemar foto selfie

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X