Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semalam di Negeri Dongeng

Kompas.com - 20/02/2017, 08:41 WIB

AROMA harum roti yang dipanggang ”membelai” indera penciuman tak lama setelah mata terbuka dari tidurnya. Masih pukul 03.00, tetapi tampaknya dapur hotel sudah sibuk menyiapkan sarapan untuk para tamu.

Ketika hari mulai terang, tampaklah pemandangan menakjubkan dari balik jendela kayu yang tersibak.

Sambil menikmati pemandangan deretan rumah beratap merah yang berada di sisi lembah Sungai Vltava, kerjap mata membawa pada ingatan tentang makan malam istimewa yang menyambut kedatangan kami di Cesky Krumlov, destinasi wisata di selatan Ceko.

Makan malam ini dikemas ala abad pertengahan. Para tamu menyantap paduan masakan klasik dan modern dalam balutan kostum ala era Renaisans. Membayangkannya kembali sambil menatap pemandangan indah di depan mata, seperti membaca buku dongeng saja.

Sajian makan malam unik tersebut hanya ada di Hotel Ruze tempat kami menginap. Bangunan hotel yang berada di tebing sungai, dulunya adalah bekas asrama dan universitas Jesuit yang didirikan pada abad ke-16.

Gedungnya masih mempertahankan arsitektur asli dengan interior yang beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Perabot dan lantai kayu dilengkapi lukisan-lukisan kuno abad pertengahan di masing-masing kamar memperkental suasana kekunoan Cesky Krumlov yang berada di perbatasan Ceko, Austria, dan Jerman.

KOMPAS/SRI REJEKI Sudut Kota Pilsen di wilayah barat Ceko. Pemandangan bangunan-bangunan bergaya renaisans dilihat dari kawasan Kastil Cesky Krumlov.
Dari Hotel Ruze, rombongan kami yang terdiri dari wartawan, biro perjalanan, Turkish Airlines, dan Czech Tourism, bergegas memanfaatkan waktu sehari yang tersisa.

Ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi, tetapi karena keterbatasan waktu, tujuan dipersempit menjadi hanya Museum Fotoatelier Seidel dan Kastil Cesky Krumlov yang dibangun sejak abad ke-13.

Cesky Krumlov adalah kota kecil yang berjarak 180 kilometer dari Praha, ibu kota Ceko, atau 2,5 jam perjalanan dengan bus. Sempat berada di bawah kekuasaan Jerman, tetapi sejak Perang Dunia I masuk dalam wilayah Cekoslowakia saat itu.

Pada masa pemerintahan komunis, wilayah ini sempat terbengkalai. Baru mulai mendapat perhatian sejak Revolusi Velvet pada 1989 yang mengakhiri era komunisme di negeri ini.

Sejak 1992, kompleks Kastil Cesky Krumlov masuk dalam daftar situs warisan budaya UNESCO.

Derai hujan mengiringi perjalanan kami mengeksplorasi pusat sejarah kota. Beruntung, Martina, pemandu yang mendampingi kami saat itu, meminjami beberapa payung yang cukup melindungi dari curahan hujan yang memperparah terpaan rasa dingin di penghujung musim gugur kala itu.

Barok, gotik, dan renaisans

Museum Fotoatelier Seidel bertempat di rumah pribadi Josef Seidel, pionir fotografer profesional pada paruh pertama abad ke-20.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com