Dedi: Air Mancur Sri Baduga Terwujud karena Diilhami Jokowi

Kompas.com - 20/02/2017, 16:03 WIB
Air mancur menari di Taman Air Mancur Sribaduga diresmikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Sabtu (18/2/2017). ARSIP KEMENPARAir mancur menari di Taman Air Mancur Sribaduga diresmikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Sabtu (18/2/2017).
EditorI Made Asdhiana

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menegaskan pembangunan Air Mancur Sri Baduga sejak 2014 hingga kini diilhami semangat kerja Presiden Joko Widodo. Ia menyebut, semula air mancur ini bagian dari ketidakmungkinan.

"Air Mancur Sri Baduga ini jadi mungkin karena dibarengi ikhtiar dan konsisten kerja, kerja, kerja. Seperti apa yang dikatakan Presiden Joko Widodo," ujar Dedi di sela peresmian air mancur Sri Baduga Tahap III oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya di Purwakarta, Sabtu (18/2/2017).

Pada peresmian itu, puluhan ribu warga berjubel di kawasan itu untuk menyaksikan pertunjukan selama 30 menit tersebut.

Menurut Dedi, fenomena ini terbilang hal baru bagi warga. Apalagi, selama ini Purwakarta nyaris jadi kota "mati" setelah dibangun Tol Cipularang.

(BACA: Menpar: Air Mancur Purwakarta, Keren...)

Ia menjawab anggapan pemborosan anggaran membangun air mancur sejak 2014 hingga saat ini yang menghabiskan sekitar Rp 51 miliar.

"Bagi saya tidak. Di sini ada lebih dari 500 hingga 1.000 pedagang yang buka setiap malam Minggu menjual berbagai macam kuliner. Mereka dalam satu malam jualan di sekitar Situ Buleud mendapat keuntungan paling sedikit Rp 2 juta saat pertunjukan air mancur, lalu kalikan saja 1.000 pedagang, hasilnya Rp 2 miliar dalam satu malam," katanya.

KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANA Air mancur menari di Taman Air Mancur Sri Baduga telah diresmikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Sabtu (18/2/2017).
Menurut Dedi, penamaan air mancur Sri Baduga tidak lepas dari sejarah panjang sosok panutan bagi peradaban masyarakat Sunda.

Menurutnya, ada seorang raja sekitar 1.500 tahun yang lalu bernama Prabu Siliwangi atau nama lainnya Sri Baduga, Ki Pamanah Rasa, Ratu Haji Jaya Dewata.

(BACA: Mbah Jawer... Kampung Air Cantik di Purwakarta)

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X