Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkunjung ke Lambang Negara Laos yang Penuh Emas

Kompas.com - 23/02/2017, 12:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

VIENTIANE, KOMPAS.com - Berkunjung ke Ibukota Laos, Vientiane rasanya tak lengkap tanpa berkunjung ke Pha That Luang. Situs ini sejatinya adalah wihara dengan stupa berwarna emas. Tahun 1975 Pha That Luang ditetapkan sebagai lambang negara Laos. Hingga saat ini ilustrasi Pha That Luang terpampang di setiap lembaran Kip alias mata uang Laos.

"Pha That Luang diperkirakan dibangun tahun 1566. Dipercaya jika Raja Asoka dari India menempatkan tulang belakang Budha di sini," kata Toni, pemandu lokal Laos di perjalanan AEC Media Fam Trip Thailand Connect, Minggu (5/2/2017).

BACA: Delapan Jam Berwisata di Ibu Kota Laos

Pha That Luang berada dalam satu komplek yang terdiri dari banyak bangunan wihara. Meski begitu, Pha That Luang sendiri sebenarnya tak boleh dimasuki oleh sembarang orang. Ada dua gerbang Pha Tat Luang. Gerbang pertama untuk memasuki halaman Pha That Luang. Gerbang ini adalah batas masuk wisatawan. Untuk memasukinya dikenakan biaya 10.000 Kip atau setara Rp 17.000. Gerbang kedua membatasi bangunan Pha That Luang.

Pha That Luang di Vientiane, Laos.

"Terakhir kali Pha That Luang boleh dimasuki adalah tahun 1914, dan terakhir direnovasi tahun 1935. Sekarang sedang direnovasi kembali," kata Toni. Terlihat banyak para pekerja konstruksi yang sedang membenahi bagian luar Pha That Luang.

BACA: Cara Menuju Laos dari Thailand lewat Jalur Darat

Hal yang unik dari Pha That Luang yang bercat warna emas ini sebenarnya adalah mitos yang berkembang di kalangan masyarakat Laos. Diperkirakan ada 20 kilogram emas yang menjadi hiasan puncak stupa Pha That Luang.

"Ada yang bilang juga kalau di bagian paling atasnya ditempelkan batu permata baru-baru ini, tetapi tak ada yang tahu," kata Toni. Hal yang pasti 30 stupa kecil mengelilingi stupa besar Pha That Luang.

Biksu negara dari Laos sedang memberi berkat kepada umat lewat percikan air suci.

Selain stupa emas yang menarik dari komplek wihara Pha That Luang adalah bangunan lain, yakni bangunan utama tempat tinggal biksu negara Laos, wihara utama, patung Budha tidur raksasa, dan pohon bodhi dengan banyak patung Budha di sekitarnya. Untuk memasuki wilayah tersebut tak dipungut biaya sama sekali.

BACA: Lima Pantangan Saat Berkunjung ke Ibu Kota Laos

Pha That Luang berlokasi di pusat kota Vientiane, tepatnya di That Luang Road. Sama sekali tak sulit untuk menemukannya, karena lokasi ini juga menjadi pusat peribadatan umat Budha di Vientiane. Ada baiknya datang di siang hari, saat hiasan dan warna keemasan Pha That Luang bersinar indah ketika diabadikan dengan kamera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com