Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Indonesia, Airbus 320 Neo Dioperasikan Citilink

Kompas.com - 25/02/2017, 11:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BANTEN, KOMPAS.com - Ini adalah kali pertama Indonesia memiliki Airbus 330 Neo. Pesawat tersebut dioperasikan oleh maskapai penerbangan Citilink.

 "Hari ini hari yang spesial, kami menyambut kedatangan Airbus 320 Neo yang pertama di Indonesia," kata Direktur Keuangan yang juga menjabat Pelaksana Harian Direktur Utama Citilink, Mega Satria dalam acara seremonial penyambutan pesawat perdana Airbus 320 Neo Citilink di Hanggar 4, Garuda Management Facility, Bandara Soekarno Hatta, Banten, Jumat (24/2/2017).

Ia mengatakan langkah mendatangkan pesawat Airbus 320 Neo adalah untuk meningkatkan pelayanan untuk penumpang Citilink. Menurut Mega, pesawat Airbus 320 Neo dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan seri Airbus sebelumnya.

"(Airbus 320 Neo bisa) menghemat bahan bakar sebanyak 15 persen dan biaya hingga 8 persen," jelasnya.

BACA: Citilink Operasikan Airbus 320 Rute Denpasar-Dili

Komisaris Citilink, Daryatmo, mengatakan Airbus 320 Neo adalah satu dari lima pesawat yang akan didatangkan oleh Citilink pada tahun 2017. Ia mengatakan Airbus 320 Neo ini adalah bagian dari peningkatan layanan dari Citilink.

"Dengan pesawat ini datang lebih menjamin keselamatan dan kenyamanan penumpang. Pilot dan kru terbang juga merupakan salah satu komponen penting," jelas Daryatmo di kesempatan yang sama.

Citilink memilih mesin CFM Leap-1A. Armada baru ini akan melayani rute penerbangan domestik serta internasional, seperti ke China dan Timur Tengah. Pesawat ini memiliki kapasitas 180 penumpang dalam layout kelas tunggal (all economy class). Airbus A320 Neo merupakan generasi teranyar dari seri pendahulunya, yakni A320.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com