Kompas.com - 26/02/2017, 09:06 WIB
Berwisata di Taman Bunga Nusantara. KOMPAS/RADITYA HELABUMIBerwisata di Taman Bunga Nusantara.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu orang turis Arab Saudi rata-rata menghabiskan uang untuk liburan 1.750 dollar AS saat berada di Indonesia.

Pelaku pariwisata Bali dan pihak Kementerian Pariwisata menilai daya beli turis Arab Saudi terbilang tinggi.

"Kita melihat karakter turis Arab Saudi dan Timur Tengah secara khususnya, budgetnya mereka tinggi. Baik secara transportasi dan akomodasi. Buying power-nya tinggi," Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau akrab disapa Cok Ace saat dihubungi KompasTravel, Kamis (23/2/2017).

Ia menyebut turis Arab Saudi menghabiskan uang antara 150-300 dollar AS per hari saat berlibur. Jumlah tersebut digunakan untuk biaya sewa kamar hotel bintang lima dan transportasi selama berlibur.

(BACA: Liburan Raja Arab Saudi ke Bali Naikkan Kunjungan Turis Timteng)

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Bali, I Ketut Ardana menambahkan jika turis Arab Saudi di Bali bisa berlibur hingga delapan hari.

Di Bali, menurut Ardana, turis Arab Saudi rata-rata menghabiskan uang di atas 1.300 dollar AS. "Mereka minimal 5 hari 4 malam, bisa sampai 7-8 malam. Mereka biasanya dua kunjungan di Indonesia yaitu Bali dan Jawa Barat," tambah Ketut Ardana saat dihubungi KompasTravel.

Salah satu obyek wisata yang disukai turis Arab Saudi adalah pantai. Seperti di Bali, turis Arab Saudi gemar mengunjungi Pantai Tanah Lot dan Nusa Dua.

(BACA: Liburan ke Bali, Turis Saudi Gemar Berwisata Pantai)

Data Kementerian Pariwisata menyebutkan, untuk pengeluaran wisatawan mancanegara dari Arab Saudi rata-rata sebesar 1.750 dollar AS per kunjungan.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan di Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, Jumat (26/6/2015).
Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut sebanyak 6.997 turis Arab Saudi masuk ke Indonesia melalui Bali. Jumlah tersebut adalah data kunjungan turis Arab Saudi pada tahun 2015.

"(Turis Arab Saudi) Belanja di mal, barang-barang branded, akomodasi di hotel berbintang 63,8 persen, vila/resort 18,4 persen, lama tinggal rata-rata 12 hari," kata Arief saat dihubungi KompasTravel.

Sementara, untuk kunjungan turis Arab Saudi lainnya masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta dengan tujuan Jakarta, Bandung, dan Puncak, Bogor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.