Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Memilih Kepiting yang Lezat

Kompas.com - 26/02/2017, 12:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepiting menjadi salah satu hidangan yang disukai para pecinta seafood. Biasanya kepiting dimasak dengan berbagai saos untuk menunjang rasanya.

Namun, memilih kepiting ternyata bukan hal yang mudah. Perlu trik khusus untuk tahu mana kepiting yang lezat untuk disantap.

"Kalau pilih kepiting yang penting masih hidup. Itu masih fresh," kata koki di Dapur Seafood, Rudy saat ditemui di acara soft opening Dapur Seafood, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (25/2/2017). 

BACA: Makan Kepiting Pakai Sendok dan Garpu, Ini Caranya...

Rudy yang telah 16 tahun bekerja sebagai koki hidangan laut mengatakan ciri lain kepiting yang lezat adalah tidak memiliki cacat di bagian tubuhnya.

"Ibaratnya 'koreng' kalau pada manusia. Jadi kepiting itu bagian tertentunya, seperti capitnya bisa pecah dan dagingnya luka. Kalau dimasak, nanti bagian yang ada luka itu akan berbau dan tak enak dimakan," kata Rudy.

Ada baiknya Anda langsung memasaknya setelah membeli kepiting hidup. Namun jika belum ingin dimasak, maka ada kiat khusus untuk membuat kepiting tetap hidup.

"Kepitingnya ditaruh di tempat yang lembab, kalau bisa disiram air asin. Cara lain basahkan karung goni, dan selimuti kepiting. Ini juga biar tak digigit nyamuk," kata Rudy.

BACA: Makan Kepiting Langsung dengan Cangkangnya

Sebab, Rudy menjelaskan, kepiting yang digigit nyamuk ternyata akan langsung mati. Apalagi menurut Rudy, nyamuk paling gemar menggigit mata kepiting.

Kiat lain mendapatkan hidangan kepiting yang lezat tentunya dengan melihat restoran yang memiliki fresh market atau aquarium ikan, kepiting, dan kerang hidup sebelum dimasak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com