Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Sport Tourism Segera Digelar di Bangka Belitung

Kompas.com - 27/02/2017, 21:44 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap menyelenggarakan dua event besar pada dua bulan mendatang, yakni gelaran INDO MXGP Championship dan Sungailiat Triathlon 2017.

INDO MXGP Championship akan diselenggarakan di Kota Pangkalpinang pada 4-5 Maret 2017. Sedangkan Sungailiat Triathlon 2017 akan diselenggarakan di Kota Sungailiat pada 20-22 April 2017.

"Kedua event ini masuk dalam kategori sport tourism atau wisata olahraga sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung sekaligus mendukung program Wonderful Indonesia," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Senin (17/02/17).

Arief menuturkan bahwa sport tourism ini diprediksi akan memberikan dampak langsung di sektor ekonomi.

"Jika dijabarkan, 30 persen pendapatan dari pengadaan sport tourism ini didapat dari direct revenue (contoh: penjualan tiket), 20 persen dari komersil (contoh: penjualan souvenir, jersey) dan 50 persen sisanya dari advertising (siaran di media)," jelas Arief.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengamini penjelasan tersebut.

"Kegiatan olahraga dengan level internasional seperti dua event ini tentu saja berkesinambungan dengan sektor pariwisata, jadi saya sangat mendukung sport tourism ini karena mempunyai impact value yang besar," tuturnya dalam kesempatan yang sama.

Sebagai informasi, Indonesia merupakan negara ketiga di Asia yang menyelenggarakan MXGP Championship setelah Qatar dan Thailand. Sedangkan perlombaan Sungailiat Triathlon 2017 sudah memasuki tahun ke-5 sejak diselenggarakan mulai dari tahun 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com