Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenpar Targetkan 5.000 Wisman di MXGP Championship 2017

Kompas.com - 28/02/2017, 07:53 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejuaraan olahraga motocross bertaraf internasional, MXGP Championship 2017 akan diselenggarakan di Indonesia untuk pertama kalinya.

Kota Pangkal Pinang di Kepulauan Bangka Belitung dipercaya sebagai tuan rumah acara tersebut yang akan diadakan pada 4-5 Maret 2017.

"Lebih dari 60 negara akan menayangkan event bergengsi ini. Hal ini tentu menjadi momentum yang tepat untuk mempromosikan Indonesia khususnya pariwisata di Bangka Belitung," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Senin (27/2/2017).

"Kami menargetkan 5.000 wisatawan mancanegara hadir dalam event ini dengan asumsi masing-masing wisman mengeluarkan uang sebesar 1.000 dollar AS. Untuk wisatawan domestik sekitar 50 ribu orang dengan target pengeluaran Rp 1 juta per orang," tambahnya.

Selain target pencapaian wisatawan, Arief juga memaparkan keuntungan dari sektor iklan dan siaran langsung yang bisa mencapai 20 juta dollar AS.

"Dari 60 negara yang akan menayangkan event ini, ada sekitar 1,42 miliar pemirsa yang menonton di televisi," tuturnya.

Gubernur Bangka Belitung, Rustam Effendi juga optimis terhadap gelaran MXGP Championship di Pangkal Pinang.

"Venue yang akan digunakan sebagai sirkuit MXGP Championship ini langsung berseberangan dengan pantai. Hal ini akan menjadi nilai plus bagi kami untuk menjual Bangka Belitung lewat event ini," tutup Rustam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com