Inilah 13 Titik Wi-Fi Gratis di Sepanjang Malioboro

Kompas.com - 28/02/2017, 16:21 WIB
Wisatawan tengah menjajal wifi Jogja Istimewa di Kawasan Malioboro TRIBUN JOGJA/KURNIATUL HIDAYAHWisatawan tengah menjajal wifi Jogja Istimewa di Kawasan Malioboro
EditorI Made Asdhiana

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 13 titik wi-fi gratis dengan kecepatan total 100 megabyte bernama Jogja Istimewa akan diluncurkan pada Maret 2017.

Wi-fi Jogja Istimewa tersebut akan ditempatkan di kawasan Tugu dan sepanjang Jalan Mangkubumi (3 titik), Taman Parkir Abu Bakar Ali (ABA) (1 titik), Alun-alun Utara (4 titik), Alun-alun Selatan (2 titik), dan Taman Hutan Raya (Tahura) (3 titik).

Kabid Pengembangan Layanan Teknologi Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY Sugeng Wahyudi menjelaskan bahwa aliran dana proyek tersebut berasal dari Danais 2017 dengan besaran Rp 830 juta.

(BACA: Wisata Yogyakarta Tak Sekadar Malioboro)

Dana tersebut untuk berlangganan selama 10 bulan dan juga pengadaan alat.

"Selanjutnya untuk 13 titik tersebut akan diserahkan pada pihak ketiga. Targetnya Maret ini telah terpasang semua," ujarnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/2/2017).

Sugeng menjelaskan bahwa pengelolaan diserahkan kepada pihak ketiga karena keterbatasan personel di Pemprov DIY.

Nantinya Pemprov DIY bisa lebih fokus menangani 10 titik wi-fi Jogja Istimewa yang juga telah terpasang selama dua tahun di kawasan Malioboro, dari depan Inna Garuda Malioboro hingga Titik Nol Kilometer.

Pada saat pengadaan untuk 10 titik wi-fi Jogja Istimewa di Malioboro dulu, Sugeng mengatakan bahwa itu memakan biaya besar, yakni sekitar Rp 1,2 miliar, yang masih bersumber dari Danais. Selanjutnya, setiap tahun dilakukan perawatan dengan biaya Rp 170 juta.

"Wi-fi Jogja Istimewa di Malioboro, tiap titiknya memiliki daya jangkau 200 meter dan bisa 250 orang per titik. Selama ini di Malioboro masih mencukupi 20 megabyte," ungkapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X