Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungailiat Triathlon 2017 Siap Digelar

Kompas.com - 01/03/2017, 07:10 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara olahraga bertaraf internasional Sungailiat Triathlon kembali digelar pada 22 April 2017. Gelaran yang bertempat di Kota Sungailiat, Kepulauan Bangka Belitung ini memang rutin diadakan setiap tahunnya mulai 2012.

Pada tahun 2012, acara ini masih bernama 'Sungailiat Duathlon' dan berganti nama menjadi Sungailiat Triathlon pada tahun 2013. Acara ini memang sengaja diadakan untuk memeriahkan ulang tahun Kota Sungailiat.

"Pada gelaran tahun 2017 ini kami menargetkan 600 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia dan mancanegara," kata Bupati Bangka, Tarmizi H. Saat dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Senin (27/2/2017).

Dikutip dari rilis yang diterima KompasTravel, peserta yang sudah mendaftar untuk Sungailiat Triathlon 2017 ini mencapai 532 orang yang berasal dari 15 negara dan 16 provinsi di Indonesia.

(BACA: Bule Ini Sebut Sungailiat Triathlon Paling Baik Seluruh Dunia)

Lewat gelaran ini pula, diharapkan dapat mendongkrak pariwisata di Bangka Belitung, khususnya Kabupaten Bangka. "Kami menargetkan 500 wisatawan mancanegara dan 5.000 wisatawan domestik yang hadir untuk melihat acara ini," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Namun untuk mencapai target yang sudah dicanangkan, harus ada perbaikan di beberapa sektor untuk memuluskan pencapaian target tersebut.

"Salah sektor yang masih menjadi kendala adalah transportasi udara bagi peserta atau wisatawan mancanegara dan kurangnya hotel di dekat venue. Kedua hal ini cukup vital untuk mendongkrak peserta atau wisman," kata Presiden Triathlon Buddies, Chaidir Akbar.

Untuk teknis lomba sendiri, terdapat tiga kategori di Sungailiat Triathlon 2017, yakni Long Distance (1,9 km renang, 90 km sepeda, 21,1 km lari), Stardart Distance (1,5 km renang, 40 km sepeda, 10 km lari) dan Sprint (750 m renang, 20 km sepeda, 5 km lari).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com