Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Menuju Kampung Arab Pekojan

Kompas.com - 03/03/2017, 19:01 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi penyuka wisata religi, Kampung Arab Pekojan bisa dimasukkan dalam tempat yang harus Anda tuju. Kampung Arab Pekojan terletak di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Ternyata letak dari Kampung Arab Pekojan tak jauh dari destinasi wisata lainnya di Jakarta Barat, sebut saja Kota Tua Jakarta dan Pecinan Glodok.

“Meskipun sekarang ini warga di Kampung Arab Pekojan tidak semuanya berasal dari keturunan Arab, namun di kampung ini masih terdapat bangunan peninggalan sejarah,” ujar salah satu warga, Fahmi saat ditemui KompasTravel, Kamis (2/3/2017).

Bangunan-bangunan bersejarah ini di antaranya Masjid An Nawier sebagai masjid terbesar di Jakarta Barat, Jembatan Kambing sebagai jembatan spesial untuk para kambing yang melintas, Langgar Tinggi sebagai mushala yang unik, Masjid Al Anshor sebagai masjid tertua di Jakarta Barat, dan lain sebagainya.

(BACA: Berwisata Religi di Kampung Arab Pekojan)

Namun, bagaimanakah akses transportasi menuju ke Kampung Arab Pekojan? Berikut KompasTravel rangkum beberapa alternatif transportasi yang bisa Anda coba.

TransJakarta

Terdapat beberapa alternatif jika Anda ingin naik transportasi bus, khususnya bus TransJakarta. Halte TransJakarta terdekat dari Kampung Arab Pekojan adalah Halte Jakarta Kota.

Jika Anda berasal dari Jakarta Timur dan Bekasi, Anda bisa naik bus nomor 02 dengan rute Pulo Gadung – Harmoni. Dari Harmoni silakan naik bus nomor 01 dengan destinasi akhir Halte Jakarta Kota.

Jika Anda berasal dari Jakarta Selatan dan Depok, Anda bisa naik bus nomor 01 dengan rute Blok M – Jakarta Kota. Kemudian jika Anda bertempat tinggal di kawasan Lebak Bulus, bisa naik bus TransJakarta nomor 08 dengan rute Lebak Bulus – Harmoni, kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus nomor 01 untuk menuju Jakarta Kota.

Jika Anda berasal dari Jakarta Barat dan Tangerang, silakan naik bus nomor 03 dari Kalideres dan turunlah di Halte Harmoni, seperti yag telah dijelaskan di atas, dari Harmoni silakan naik bus no 01 dengan tujuan akhir halte Jakarta Kota.

Jika Anda berasal dari Jakarta Utara, silakan naik bus nomor 12A rute Dermaga Kaliadem langsung menuju Jakarta Kota.

Dari halte Jakarta Kota, Anda bisa langsung menuju Kampung Arab Pekojan dengan berjalan kaki ke arah Sungai Kali Besar melewati Pasar Pagi Lama dan sampailah di Jalan Pejagalan Pekojan.

Dari sini Anda bisa mendatangi destinasi pertama yaitu Masjid Al Anshor. (Info lebih lengkap: Website TransJakarta).

Angkot/Metromini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com