Parfum sampai Daging Kambing, Oleh-oleh Khas Kampung Arab Pekojan

Kompas.com - 04/03/2017, 21:02 WIB
Masjid Langgar Tinggi tampak luar dari Jalan Raya Pekojan. Di bagian lantai satunya, terdapat dua toko yang menjual berbagai oleh-oleh untuk dibawa pulang wisatawan. KOMPAS.COM/Alek KurniawanMasjid Langgar Tinggi tampak luar dari Jalan Raya Pekojan. Di bagian lantai satunya, terdapat dua toko yang menjual berbagai oleh-oleh untuk dibawa pulang wisatawan.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kampung Arab Pekojan, Jakarta Barat, diapit oleh dua jalan utama yakni Jalan Pangeran Tubagus Angke dan Jalan Bandengan Selatan. Kedua jalan ini membuat Kampung Arab Pekojan menempati lokasi yang strategis. Selain dua jalan tersebut, kampung ini juga terletak berdekatan dengan Pecinan Glodok dan Kota Tua Jakarta.

Apa yang spesial dari Kampung Arab Pekojan? Kampung ini menawarkan pesona wisata religi seperti masjid-masjid tua yang kental akan sejarah. Beberapa di antaranya adalah Masjid An Nawier, Masjid Langgar Tinggi, dan Masjid Al Anshor.

BACA: Berwisata Religi di Kampung Arab Pekojan

Selain tiga masjid ini, terdapat juga sebuah jembatan bersejarah yakni Jembatan Kambing. Sesuai namanya, banyak pedagang daging kambing yang berjualan di Jembatan Kambing.

“Terlebih lagi pada saat mendekati Idul Adha, sudah pasti lebih banyak pedagang yang menjual daging kambing di sini. Sekedar informasi, daging kambing merupakan daging favorit orang Arab di sini,“ kata Fahmi, salah satu warga Kampung Arab Pekojan kepada KompasTravel, Kamis (2/3/2017).

KOMPAS.COM/Alek Kurniawan Menara Masjid An Nawier yang tampak seperti mercusuar.

Fahmi mengungkapkan bahwa setelah berwisata, wisatawan yang berkunjung juga biasanya membeli daging kambing di sini sebagai buah tangan atau oleh-oleh.

Selain daging kambing, masih banyak pilihan oleh-oleh yang wisatawan bisa bawa setelah berwisata di Kampung Arab Pekojan. Salah satu buah tangan yang populer adalah minyak wangi atau parfum.

Meskipun penjual minyak wangi di Kampung Arab Pekojan tak sebanyak seperti di Condet (Jakarta Timur), namun banyak wisatawan yang mengincar parfum di Pekojan sebagai oleh-oleh.

BACA: Begini Cara Menuju Kampung Arab Pekojan

Terdapat dua toko minyak wangi terkenal di Kampung Arab Pekojan, yakni Toko Assegaf dan Toko Fatimah. Keduanya berlokasi tepat di bawah Masjid Langgar Tinggi, yang juga merupakan salah destinasi favorit wisata di kampung ini.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X