Kompas.com - 08/03/2017, 17:06 WIB
Indira Gandhi International Airport di New Delhi, India. INDIA TIMESIndira Gandhi International Airport di New Delhi, India.
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Kabar baik bagi Anda yang ingin traveling ke India, khususnya New Delhi. Indira Gandhi International Airport yang berlokasi di New Delhi, ibu kota India, menyuguhkan kartu SIM gratis untuk digunakan pada smartphone Anda.

Kartu SIM tersebut bisa digunakan untuk menelepon, SMS, mengecek email, serta mengunggah foto di jejaring sosial. Namun, kuota internet pada kartu tersebut dibatasi sebesar 50 MB. Anda juga tidak bisa menelepon terlalu lama, atau SMS terlalu banyak.

(BACA: Seperti Apa Karakter Turis India yang Berlibur ke Indonesia?)

Mengutip situs Lonely Planet, Selasa (7/3/2017), untuk saat ini kartu SIM gratis memang hanya terdapat di bandara New Delhi. Namun, tak menutup kemungkinan bandara-bandara lainnya di India akan memberlakukan hal yang sama.

"Hal ini untuk memudahkan para wisatawan berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat mereka di rumah. Begitu pula dengan hotel, operator tur, dan lain-lain," tutur Menteri Pariwisata India, Mahesh Sharma.

(BACA: Turis Indonesia Kini Bisa Masuk India Menggunakan E-Visa)

Kartu SIM ini diberikan gratis kepada wisatawan pemegang visa elektronik (e-visa). Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki fasilitas visa elektronik untuk India. Total ada 150 negara yang punya visa elektronik untuk masuk ke negara tersebut.

Untuk mendapatkan kartu SIM tersebut, wisatawan tinggal menunjukkan visa elektronik kepada petugas. Kartu tersebut berlaku sampai 30 hari. Anda bisa mengisi ulang pulsa kartu tersebut untuk penambahan kuota internet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.