Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Menyimpan Kecap Manis yang Benar?

Kompas.com - 08/03/2017, 19:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecap tentu tak asing bagi penggemar kuliner khususnya di Indonesia. Dengan tambahan kecap, kuliner bisa bertambah manis maupun asin.

Nah, kecap manis sendiri misalnya bisa ditemukan dalam bentuk kemasan botol maupun sachet. Lalu, bagaimana cara menyimpan kecap yang baik agar tetap tahan lama digunakan?

Senior Brand Manager Kecap Bango, Kaninia Radiatni mengatakan kecap manis bisa disimpan di suhu ruangan. Menurutnya, suhu ruangan yang baik berkisar 28-30 derajat celcius.

"Untuk kemasan pouch (sachet) bisa dipindahkan ke botol. Itu lebih masalah untuk kebersihan," kata Nia saat berbincang dengan KompasTravel seusai acara jumpa pers di Jakarta, Selasa (7/3/2017).

Menurutnya, penyimpanan kecap manis di dapur rumah relatif tak masalah. Untuk pembelian kecap manis dengan bentuk sachet, lanjut Nia, setelah digunting lebih baik ditutup kembali.

"Biasanya ibu-ibu itu dikaretin. Jadi dilipat-lipat dulu lalu diikat dengan karet," tambahnya.

Nia mengatakan jika kecap manis dibiarkan terbuka akan menyebabkan terkontaminasi oleh udara. Ia menyebut juga hewan-hewan kecil juga bisa masuk ke kemasan kecap jika tak ditutup.

"Ditaruh di kulkas itu juga gak masalah. Cuma jadi agak kental aja ya. Dia sedikit kental jadi sulit dituang. Penyimpanan di kulkas, gak ada perubahan dan gak berpengaruh ke kualitas kecap," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com