Kompas.com - 09/03/2017, 21:04 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak hal yang harus diperhatikan saat Anda melakukan kegiatan menyelam (diving). Selain ketentuan teknis agar aman saat menyelam, kesehatan kulit juga penting.

 

Meski berada di dalam air, kulit butuh pelindung agar tidak terpapar sinar matahari yang berlebih. Itulah pentingnya tabir surya (sunscreen).

 

Dermatolog, Srie Prihianti Gondokaryono mengatakan bahwa tabir surya penting untuk diaplikasikan pada kulit sebelum melakukan penyelaman. Tabir surya bisa dioleskan pada area yang tak tertutup oleh baju selam (wetsuit). Srie merekomendasikan tabir surya yang tahan air alias water resistant.

 

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan bersiap menuju titik diving di sekitar Pulau Gaya, Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, Jumat (25/11/2016).
"Pilih SPF (Sun Protection Factor) yang paling tinggi. Karena mereka (penyelam) naik kapal ke laut dan itu terpapar sinar. Walaupun tidak menyelam, tapi exposure (terpapar sinar matahari) lama. SPF-nya minimal 50," kata Srie saat berbincang dengan KompasTravel dalam acara Nivea Sun Adventure #EnjoyTheSun di Jakarta, Rabu (8/3/2017).

 

BACA: Catat, Jenis Sunblock Ini Bisa Merusak Terumbu Karang

 

Sinar ultraviolet yang berlebihan bisa menyebabkan kulit terbakar. Lebih parah lagi, bisa menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu Srie menyarankan tabir surya digunakan sejak keluar dari penginapan. Tak hanya sekali, tabir surya mesti dioleskan setiap jam agar kulit tetap terlindungi dari sinar ultraviolet.

 

"Setiap abis menyelam dan mau menyelam lagi, bisa dioleskan lagi tabir surya," tambahnya.

 

Menurutnya, wetsuit terbilang efektif untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari. Pasalnya, wetsuit biasanya berwarna gelap dan menempel dengan kulit.

 

AUDREY ROIT Diving di Raja Ampat, Papua Barat.
"Pada umumnya warna gelap menyerap (sinar matahari) lebih kuat. Dibanding warna putih, (sinar matahari) tembus saja. Pada prinsipnya bahan baju yang kita pakai sedikit banyak ada fungsi melindungi dari sinar UV. Tergantung bahannya, kerapatannya benangnya, dan warnanya," ujar Srie.

BACA: Tak Cuma Pantai, ke Gunung Juga Wajib Pakai Sunblock

 

SPF berfungsi melindungi dari paparan ultra violet B (UV B) yang menyebabkan kulit terbakar. SPF bisa diukur dengan angka, misal 30 atau 50. Angka tersebut merupakan kisaran jangka waktu perlindungan tabir surya untuk kulit Anda.

 

SPF yang tinggi bisa melindungi kulit dari sinar UV dengan rentang waktu lebih lama. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.