Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubei, Tempat Asal-muasal Peradaban China

Kompas.com - 13/03/2017, 13:53 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dikenal sebagai salah satu jalur sutra sekitar 2.000 tahun lalu, Provinsi Hubei di China menjadi lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Letak geografis menjadi keuntungan provinsi yang memiliki ibu kota bernama Wuhan ini, karena berada persis di tengah China.
 
"Ekonomi Indonesia sekarang momentumnya sedang naik. Saya rasa banyak turis indonesia yang ke China, tetapi mereka biasa ke Shanghai dan Beijing saja. Hubei sebenarnya telah terkenal sebagai tempat wisata di dunia. Hubei adalah pusat kebudayaan China, karena letak geografisnya yang dekat dengan Sungai Yangtze dan Sungai Han. Dua sungai itu penting untuk peradaban China," kata Party Secretary Director Hubei Tourism Administration, Qian Yunakun pada acara Hubei-Indonesia Project Promotion Meeting, Hotel Shangri-La Jakarta, Jumat (10/3/2017).
 
 
Qian mengatakan bahwa banyak tempat yang dapat dieksplor saat berwisata ke Hubei. Antara lain The Bund atau gedung bank kolonial yang memiliki pemandangan langsung ke Sungai Yangtze, Yellow Crane Tower atau pagoda dengan 188 anak tangga, Hubei Provincial Museum tempat pameran artefak kebudayan China, East Lake yang memiliki taman sakura, dan Gunung Wudang yang menjadi tempat asal dari Taichi.
 
"Dinasti Han pada 2.000 tahun lalu berkembang di sini. Ada banyak komoditas dari sini, seperti sutra dan teh. Ada banyak sekali relik (barang peninggalan bersejarah) di Wuhan.  Wuhan juga menjadi tempat bisnis," kata Qian.
 
Hingga saat ini, lanjut Qian, Hubei masih terus melakukan peningkatan agar makin dikenal baik lokal maupun di internasional. Selain diperkenalkan sebagai destinasi wisata, Hubei juga diperkenalkan sebagai daerah hub menuju provinsi lain di China seperti Chengdu, Xian, dan Shanghai.
 
 
Hubei sendiri memiliki penerbangan langsung menuju Indonesia, tepatnya dua kali seminggu ke Bali. Tahun ini, Direktur Promosi Asia Pasifik Kementerian Pariwisata Indonesia Vincent Jemadu saat ditemui di acara yang sama juga mengatakan bahwa Citilink akan mengoperasikan penerbangan charter langsung dari Wuhan ke Tanjung Pinang (Kepulauan Riau) dan Manado (Sulawesi Utara). 
 
"Indonesia adalah negara yang cantik dengan branding Wonderful Indonesia cukup terkenal di China. Banyak turis dari Hubei ke Indonesia. Semoga dari pertemuan ini semakin banyak pertukaran turis," kata Qian. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com