Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi Kaviar, Hidangan Pembuka yang Disantap Raja Salman

Kompas.com - 13/03/2017, 15:06 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud memang sudah menyelesaikan kunjungan kerja dan liburannya di Indonesia. Banyak momen kunjungan Raja Salman yang membekas di benak orang Indonesia. Termasuk hidangan yang ia santap saat dalam perjalanan udara.

Salah satu hidangan pembuka yang disantap Raja Salman selama di pesawat adalah kaviar. Seperti apa makanan yang terbilang mewah ini? Bagaimana rasanya, dan berapa harganya?

BACA: Kaviar, Makanan Raja Salman Seharga Puluhan Juta Rupiah

KompasTravel dalam acara media gathering di Orient8 Hotel Mulia, Selasa (7/3/17), berkesempatan untuk mencicipi kaviar alias telur ikan sturgeon (Acipenser fulvescens) ini.

"Kaviar biasa disantap sebagai hidangan pembuka suatu fine dining. Kaviar sendiri merupakan telur ikan sturgeon yang biasa ditemukan di sekitar Laut Kaspia," ujar juru masak Orient8 Hotel Mulia, Chef Florian Lamelot.

Di Orient8 sendiri, lanjut Chef Florian, terdapat menu kaviar ossetra yang merupakan salah satu jenis kaviar terbaik di dunia.

"Kaviar ossetra biasanya dihasilkan oleh negara Rusia, Iran dan Perancis. Karena kami mempunyai konsep restoran Perancis, jadi kami menggunakan kaviar ossetra yang berasal dari Perancis," ujarnya lagi.

BACA: Kaviar, Makanan Mewah untuk Raja Salman Selama di Pesawat

Chef Florian menjelaskan bahwa harga kaviar memang terbilang mahal. Ini disebabkan oleh ketersediaan dari kaviar sendiri yang mulai sulit didapatkan. Namun harga dari kaviar juga bisa dipengaruhi oleh jenis, kualitas, warna, serta berat kaviar tersebut.

Kaviar ossetra di Orient8 Hotel Mulia ini dipadukan dengan Sea Urchin Espuma dan Han Crab Remoulade. Rasa yang dihasilkan dari perpaduan tiga hidangan ini adalah gurih, dengan dominasi rasa asin dan sedikit amis dari kaviar.

Tekstur yang dihasilkan dari kaviar ossetra begitu lembut layaknya puding. Tekstur tersebut dipadu dengan tekstur jelly dari Han Crab Remoulade. 

Hidangan kaviar ossetra ini bisa Anda nikmati di Orient8 Hotel Mulia. Namun patut diketahui, menu spesial ini hanya ada dalam kurun waktu seminggu mulai dari 21 Maret 2017. Hidangan menu spesial ini dibanderol dengan harga 85 Euro atau Rp 1,2 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com