Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ceritain Kopi Indonesia", Kisah di Balik Secangkir Kopi...

Kompas.com - 14/03/2017, 06:20 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengawali hari dengan secangkir kopi untuk sebagian orang sudah menjadi suatu gaya hidup atau kebiasaan. Beragam alasan untuk meminum kopi, mulai dari rasanya, aromanya hingga berasal dari mana kopi tersebut.

“Dengan fenomena yang terjadi terhadap kopi akhir-akhir ini, Anomali Coffee bekerja sama dengan Alun-Alun Indonesia, Indonesia Coffee Academy,  Printerous dan Arterous menggagas suatu gerakan atau movement yang bertajuk ‘Ceritain Kopi Indonesia‘,“ ujar Co-Founders Anomali Coffee, Irvan Helmi dalam media gathering di Alun-Alun Indonesia, di Jakarta, Kamis (9/3/2017).

“Gerakan ini tentu saja dilihat dari fenomena yang juga terjadi di kalangan masyarakat Indonesia saat ini. Mereka cenderung lebih menyukai produk kopi yang berasal dari luar negeri atas dasar gengsi. Juga, dengan gerakan ini kami bukan hanya memperkenalkan kopi asal Indonesia, namun juga cerita di balik terciptanya kopi tersebut, bagaimana memprosesnya dan cerita lainnya yang belum banyak diketahui oleh orang banyak," ujarnya.

KOMPAS.COM/Alek Kurniawan Salah satu merchandise Ceritain Kopi Indonesia di Alun-Alun Indoenesia, Grand Indonesia, Jakarta.
Hal serupa juga dikemukakan oleh Co-Founders Anomali Coffee, Agam Abhari.

“Lewat gerakan ini kami ingin mengajak masyarakat untuk mencintai produk kopi Indonesia dan jangan malu mengonsumsinya. Kita harusnya bangga karena Indonesia merupakan salah satu pelaku kopi terbesar di dunia,” ujar Agam.

Secara garis besar, gerakan ‘Ceritain Kopi Indonesia’ ini adalah mempromosikan kopi yang berasal dari tanah Indonesia kepada masyarakat Indonesia itu sendiri juga dunia luar dengan cerita-cerita di balik harumnya secangkir kopi.

Media promosi yang digunakan oleh Anomali Coffee dan partner adalah merchandising. Di setiap merchandise yang tersedia, terdapat cerita-cerita tentang kopi yang mungkin belum banyak didengar.

“Saat mereka (Anomali Coffee) menceritakan tentang gerakan ini, kami (Arterous) langsung tertarik dengan gagasannya. Karena di sini, gerakan ‘Ceritain Kopi Indonesia’ mempunyai andil yang besar terhadap kemajuan kopi Indonesia di masa mendatang,” kata Brand Manager Arterous, Eric Wirjanata pada kesempatan yang sama.

Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang gerakan ini, Anda bisa mengunjungi Alun-Alun Indonesia yang terletak di Grand Indonesia, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com