Kompas.com - 14/03/2017, 12:05 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Australia adalah benua yang memiliki empat jenis musim. Namun karena letaknya yang berada di selatan khatulistiwa, musim di Australia berkebalikan dengan negara-negara di utara garis khatulistiwa. Sebagai contoh, musim panas di Australia terjadi mulai Desember hingga Februari atau Maret.

"Pada musim panas seperti sekarang ini, biasanya kami banyak memanen buah khas musim panas atau summer fruits. Misalnya plum, aprikot, nectarine dan peach," ujar Comissioner Victoria Government for Southeast Asia, Brett Stevens dalam jumpa pers di Culinaria Modena Experience, Jakarta, Rabu (8/3/17).

BACA: Buah Musim Panas Khas Australia, Apa Istimewanya?

Pada kesempatan jumpa pers ini, salah satu chef asal Indonesia, Yuda Bustara memperagakan bagaimana mengolah summer fruits ke dalam berbagai hidangan.

"Kalau makan buah secara konvensional mungkin sudah biasa, seperti memakannya langsung, dibuat juice atau smoothie, dan lainnya. Namun, buah juga bisa dihidangkan ke dalam masakan, dipadukan dengan steak misalnya," ujar Chef Yuda.

KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Kampanye bertajuk

Chef Yuda menggabungkan daging sirloin Australia dengan buah nectarine menjadi sebuah hidangan, Sirloin with Chimichurri. Dalam hidangan ini, Chef Yuda juga memilih buah plum untuk digunakan sebagai saus yang akan menambah efek rasa asam ke daging sirloin yang lembut.

Tak hanya itu, sebagai hidangan penutup atau dessert, Chef Yuda membuat Pavlova with Plum Sauce. Pavlova merupakan makanan penutup yang terkenal di Australia dan Selandia Baru.

BACA: Ketika Australia dan Indonesia Bertemu di Air Terjun Jatuh ke Palung

Rasa dari pavlova sendiri sedikit manis dan teksturnya sedikit lengket jika dikunyah. Perpaduan manis dan asam akan Anda rasakan bila memakan pavlova dibarengi dengan saus buah plum.

Dengan berbagai inovasi hidangan yang bisa dikombinasikan dan kualitas yang dimilikinya, kini Anda tak perlu ragu untuk bereksperimen dengan aneka summer fruites untuk dikombinasikan hidangan lainnya. Buah-buahan ini bisa didapatkan di supermarket, mulai dari Transmart, Ranch Market, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.