Kompas.com - 15/03/2017, 14:16 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebagian orang masih mengira jika Raja Ampat berada di Provinsi Papua. Padahal, destinasi wisata bahari yang terkenal hingga mancanegara ini berada di Provinsi Papua Barat.

Raja Ampat merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Sorong dan termasuk salah satu dari 14 kabupaten baru di bumi Papua.

Wilayah Raja Ampat terdiri 4 pulau besar yakni, Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool dengan dikelilingi 1.847 pulau kecil.

Pusat pemerintahan Raja Ampat berlokasi di Waisai, distrik Waigeo Selatan. Pemerintahan Raja Ampat berlangsung efektif tertanggal 9 Mei 2003.

(BACA: Mau Tahu Sejarah Nama Raja Ampat?)

Wakil Bupati Raja Ampat Manuel Piter Urbinas tak menyangkal jika masih banyak orang yang mengenal Raja Ampat sebagai bagian dari Provinsi Papua.

Kendati demikian, hal itu tak berdampak signifikan terhadap ketenaran Raja Ampat.

"Nama provinsi tidak masalah karena dalam pandangan kami aset daerah adalah aset provinsi, aset provinsi adalah aset Indonesia. Sehingga jangankan disebut daerah Papua, disebut Indonesia pun kami terima," kata Manuel saat ditemui Kompas.com di Waisai, Kabupaten Raja Ampat, beberapa waktu lalu.

RONNY RENGKUNG Pemandangan bawah laut di Raja Ampat, Papua Barat.
Bagi Manuel, masalah penyebutan identitas teritorial tak akan mengurangi eksistensi Raja Ampat di mata dunia.

Menurutnya, yang terpenting saat ini pemerintah dan masyarakat terus bersinergi untuk membangun citra positif bagi Raja Ampat dan Indonesia.

"Karena bagaimanapun, sekecil wilayah di Raja Ampat merupakan bagian dari Indonesia. Branding kita memang sudah mendunia. Nama gak masalah, kita lebih fokus apa yang bisa kita perbuat bagi Raja Ampat," kata Manuel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.