Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada "Spaghetti Meatball" dan Pasta Ayam di Italia!

Kompas.com - 16/03/2017, 16:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Spaghetti yang disajikan dengan bola daging dan saus tomat begitu populer di negara barat, khususnya Amerika Serikat. Hidangan tersebut umumnya disebut Spaghetti Meatball.

Namun jika Anda memesan Spaghetti Meatball di Italia, hidangan tersebut tak akan didapat. Sebab orang Italia sendiri tak mengenal spaghetti yang disantap bersama bola daging.

"Orang Italia tak mengenal makan spaghetti dicampur bola daging. Itu hanya buatan orang Amerika saja," kata koki asal Italia yang bekerja di restoran Prego, Singapura, Antonio Facchinetti saat ditemui di restoran Saporo Deli, Fairmont Jakarta, Rabu (15/3/2017).

BACA: Sejarah Panjang dalam Sepiring Spaghetti Bolognese

Meski demikian, Facchinetti mengatakan bahwa orang Italia memiliki hidangan bola daging dengan saus tomat yang diberi nama Polpette. Hanya saja hidangan tersebut tak akan pernah disantap dengan pasta.

"Buat kami orang Italia, pasta adalah makanan utama. Yang lain adalah pelengkap," kata Facchinetti.

BACA: 9 Fakta yang Belum Anda Tahu tentang Spaghetti Bolognese

Selain hidangan Spaghetti Meatball, Facchinetti menambahkan, hidangan lain yang tak pernah ditemui di Italia adalah pasta dengan topping ayam.

"Orang Italia sama sekali tak memiliki resep pasta dimasak dengan ayam. Saya sendiri tak tahu kenapa," tutur pria yang berasal dari Ponte di Legno, daerah Lombardia, Italia bagian utara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com