Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2019, Club Med Buka di Lombok

Kompas.com - 18/03/2017, 12:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Club Med berencana membuka resort terbaru di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat tahun 2019.

Hal tersebut diumumkan oleh Director Club Med Indonesia, Thailand, India & Emerging Countries, Bruno Courbet saat ditemui di acara Club Med Gathering, Plaza Senayan, Jakarta (16/3/2017).

"Lombok adalah destinasi yang luar biasa. Dikenal oleh orang-orang seluruh dunia. Kami percaya Lombok adalah Bali selanjutnya," kata Bruno.

(BACA: Arab Saudi Lirik Investasi Pariwisata di Mandalika, Lombok)

Dipilihnya Lombok, menurut Bruno, juga setelah melalui beberapa kriteria, di antaranya adalah lokasi yang indah, pulau yang cukup besar untuk aktivitas para tamu Club Med, dan akses bandara internasional atau domestik yang dekat.

Dilansir dari situs resmi Club Med, pembangunan resort baru Club Med di Lombok akan bekerja sama dengan Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC).

Meski belum disebutkan lokasi rinci pembangunan Club Med Lombok, namun ITDC diketahui sedang gencar membangun kawasan Mandalika Lombok. ITDC sebelumnya juga sukses membangun kawasan Nusa Dua di Bali.

(BACA: Catat! 10 Hal yang Harus Diketahui Liburan di Bali Saat Nyepi)

Namun demikian disebutkan jika Club Med Lombok akan berdiri di atas tanah 15 hektar, dengan 650 meter perairan, dan memiliki waktu tempuh 30 menit dari Bandara Internasional Lombok.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Panorama Pantai Kuta, kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (16/6/2016). Kawasan pesisir Mandalika berpotensi menjadi salah satu kawasan ekonomi khusus pariwisata yang dikembangkan untuk tujuan wisata unggulan Indonesia. Meski demikian, tantangan pembangunan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat lokal serta penataan kelestarian lingkungan dari dampak pembangunan perlu diperhatikan.
Club Med Lombok juga mengusung konsep desain eco chic. Akan dibangun 350 kamar, lima Trident Luxury Space untuk tamu suite, restoran dan bar, club anak-anak, fasilitas MICE, dan 50 aktivitas di resort termasuk diving, snokeling, dan menjelajah Lombok.

"Club Med Lombok akan melayani tamu dari seluruh dunia. Kami percaya hari pertama pembukaan (Club Med Lombok) pasti okupansinya akan penuh," ungkap Bruno.

Club Med adalah perusahaan pariwisata asal Perancis yang menjadi salah satu pelopor dari resort inklusif. Dimulai tahun 1950, saat ini Club Med memiliki 80 resort yang tersebar di seluruh dunia.

Di Indonesia, Club Med pertama kali berdiri di Pulau Bali pada tahun 1988 yang kemudian berekspansi ke Bintan, Kepulauan Riau pada tahun 1997. Dalam satu tahun Club Med Bali dan Bintan disebutkan menerima sekitar 80.000 tamu yang berasal dari 30 negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com