Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Baju Koki Berwarna Putih?

Kompas.com - 20/03/2017, 19:10 WIB

SAAT berkunjung ke restoran, beberapa ada yang menyediakan dapur terbuka. Dengan konsep dapur seperti ini, pengunjung dapat melihat sang koki memasak. Umumnya, koki mengenakan jaket atau mantel model double breasted yang berwarna putih. Lalu, apa alasan di balik warna putih itu?

Seiring berjalannya waktu, mulai banyak koki yang menggunakan baju berwarna-warni. Namun, baju berwarna putih masih menjadi seragam utama saat koki memasak di dapur. Berikut ini penjelasan mengenai alasan baju berwarna putih.

Chef jacket berwarna putih ternyata tidak hanya sekedar sebuah seragam tetapi merupakan hal yang penting dan memiliki tujuan tertentu. Dapur adalah tempat yang panas, sehingga memakai chef jacket akan membuat koki tetap merasa dingin dan bahan katun membantu melindungi dari panas.

Putih adalah warna yang paling reflektif. Sehingga baju berwarna putih dipercaya dapat mengusir panas bukan menyerapnya. Hal ini dapat menjaga badan koki agar tetap terasa dingin dibandingkan dengan memakai warna yang lebih gelap.

Saat dicuci, baju berwarna putih dapat dengan mudah diputihkan kembali. Tidak peduli seberapa buruk noda pada baju itu akan mudah dihilangkan dengan cairan pemutih.

Lengan baju yang panjang membantu melindungi lengan dari luka bakar saat mengambil loyang pada oven yang dalam atau panci besar di atas kompor. Bahan katun juga menyerap cairan.

Koki diajarkan untuk cepat menanggalkan chef jacket jika tidak sengaja menumpahkan minyak panas pada diri sendiri, karena chef jacket menyerap cairan panas bukan membiarkannya melewati kulit.

Terdapat dua buah kancing pada double breasted chef jacket yang berfungsi dapat membalikkan bagian yang kotor. Jika sedang memasak, kemungkinan koki secara tidak sengaja meninggalkan noda pada chef jacketnya.

Saat akan bertemu dengan tamu tidak mungkin dengan chef jacket yang kotor. Oleh karena itu, koki dapat membalikkan bagian yang kotor dengan bagian yang bersih menggunakan kancing lainnya.

Bagi Anda yang senang bekerja di dapur tetapi sering merasakan kepanasan, bisa mulai mencoba menggunakan baju berwarna putih saat memasak. Selain untuk menjaga tetap dingin, juga memudahkan Anda saat mencucinya kembali. (SCI/ dari berbagai sumber/Sajiansedap.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com