Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 6 Rahasia Restoran China

Kompas.com - 21/03/2017, 05:08 WIB

RESTORAN China selalu memiliki hidangan dengan rasanya yang sangat khas. Mau tahu apa saja rahasia restoran China tersebut? Yuk, kita simak ulasan berikut ini yang sudah dilansir dari laman PopSugar seperti dikutip dari SajianSedap.com.

Belum lama ini seorang pegawai di salah satu restoran China membeberkan beberapa rahasia tentang restoran China tempatnya bekerja. Ia yang juga orang keturunan China. Melalui akun Reddit, ia memberitahukan rahasianya tanpa.

Saus

Rahasia yang paling otentik dari makanan China di restoran China berasal dari saus yang digunakan.

“Saya dapat menjamin hal yang paling utama adalah saus. Resep yang Anda temukan secara online bisa jadi tidak menggunakan bahan yang sama dengan bahan untuk membuat saus di restoran. Saus yang dibuat di restoran biasanya mencampur berbagai bumbu dan saus untuk mendapatkan rasa yang tepat,” ujar pegawai restoran tersebut dalam akun Reddit miliknya.

Wajan

Tidak harus melulu dengan bahan, penggunaan wajan pun bisa membuat rasa yang khas bagi makanan China. Jenis wajan yang digunakan di restoran China memiliki kualifikasi tersendiri. Biasanya berbeda dengan wajan yang biasa digunakan untuk rumah tangga.

Waktu dan Proses Pengolahan

Makanan China otentik memerlukan lebih banyak bahan dan proses pengolahan berulang kali. Dengan hal tersebut, untuk menghasilkan satu masakan saja memerlukan waktu yang tidak sebentar dan tidak mudah.

Proses Memanir

Rahasia untuk olahan ayam pada makanan China adalah proses memanirnya. Bahan yang dibutuhkan hanya air, garam, minyak, putih telur dan tepung terigu. Proses memanir pun hanya membutuhkan 4 tahapan, yakni dimulai dengan merendam minyak dengan bumbu.

Kemudian, seluruh adonan pelapis dicampurkan dan dilapisi pada ayam. Pastikan minyak yang digunakan untuk menggoreng sudah panas, agar langsung mengunci adonan tidak terlepas dari ayam. Gunakan minyak dengan temperatur suhu yang rendah, untuk memastikan ayam renyah di luar dan matang di dalam. Setelah matang, ayam diaduk bersama saus.

MSG

Makanan China selalu dikaitkan dengan penggunaan MSG yang cukup banyak. Namun, sebenarnya perhatikan pada produk seperti kecap dan berbagai saus, semua bahan tersebut sebenarnya sudah mengandung MSG dalam jumlah tertentu. (SCI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com