Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Tentang "Pasta" yang Mungkin Anda Tidak Tahu

Kompas.com - 21/03/2017, 06:10 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Pasta ibarat nasi bagi orang Italia. Pasta menjadi salah satu sumber karbohidrat utama bagi orang Italia. Makanan ini, lengkap dengan berbagai sausnya, juga menjadi hidangan favorit di berbagai belahan dunia. Ada beberapa fakta menarik seputar pasta, berikut di antaranya.

Asal-usul pasta

Ada banyak versi mengenai asal-usul pasta. Namun orang Italia sendiri percaya bahwa sebenarnya pasta berasal dari Arab. Selengkapnya di "Pasta Khas Italia, Benarkah Berasal dari Arab?".

Bedanya pasta kering dan segar

Banyak orang berpikir, pasta segar atau fresh pasta yang baru saja dibuat lebih baik kualitasnya dibanding pasta kering atau dry pasta.

Tidak salah memang, sebab pemikiran tersebut berkembang saat melihat acara memasak di televisi. Pasta segar seakan lebih diunggulkan daripada pasta kering. Padahal sebenarnya pasta kering dan pasta segar bukan soal mana yang lebih baik, atau mana yang lebih enak. Selengkapnya di "Pasta Kering dan Pasta Segar, Beda Daerah Asal...".

Spaghetti bola daging?

Spaghetti yang disajikan dengan bola daging dan saus tomat begitu populer di negara barat, khususnya Amerika Serikat. Hidangan tersebut umumnya disebut Spaghetti Meatball.

Namun jika Anda memesan Spaghetti Meatball di Italia, hidangan tersebut tak akan didapat. Sebab orang Italia sendiri tak mengenal spaghetti yang disantap bersama bola daging.

"Orang Italia tak mengenal makan spaghetti dicampur bola daging. Itu hanya buatan orang Amerika saja," kata koki asal Italia yang bekerja di restoran Prego, Singapura, Antonio Facchinetti saat ditemui di restoran Saporo Deli, Fairmont Jakarta, Rabu (15/3/2017). Selengkapnya di "Tak Ada Spaghetti Meatball dan Pasta Ayam di Italia!"

Jangan nekat pesan Spaghetti Bolognese

Spaghetti bolognese adalah salah satu jenis hidangan pasta paling favorit di dunia. Di Indonesia pun, spaghetti bolognese menjadi sajian populer di restoran ala Italia. Padahal, Anda tak akan menemukan spaghetti bolognese di negara asalnya. Selengkapnya di "Jangan Nekat Pesan Spaghetti Bolognese Saat di Italia".

Resep asli Bolognese

Meski sudah menjadi sajian yang mendunia, nyatanya Anda tak akan mendapati spaghetti bolognese di negara asalnya yakni Italia. Di negara tersebut, sajian paling mirip spaghetti bolognese adalah Ragu alla Bolognese. Ragu adalah sebutan untuk saus daging yang biasa dimasak berjam-jam lamanya. Selengkapnya di "Resep Asli Saus Bolognese Ternyata Tanpa Rempah Khas Italia"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com