Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang dari Rp 600.000, Bisa Liburan ke Lasem Gaya "Backpacker"

Kompas.com - 21/03/2017, 21:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

LASEM, KOMPAS.com - Liburan ke Lasem di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, akan memuaskan seluruh panca indera. Anda bisa berwisata mulai dari budaya, alam, kuliner, hingga sejarah.

Cobalah berburu foto bangunan-bangunan bergaya China Hindia, atau sekedar menelusuri lorong-lorong jalan. Ada lagi wisata kuliner seperti Lontong Tuyuhan, durian Ceriwik, atau menyesap segarnya "Coca-cola ala Jawa" yaitu kawista.

BACA: Mencicipi Segarnya Coca-Cola ala Jawa di Lasem

Anda bisa berkeliling Lasem walapun hanya punya waktu libur di akhir pekan. Tiga hari dua malam terbilang cukup untuk berkeliling kecamatan cantik di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah itu.

Berapakah biaya liburan ke Lasem selama tiga hari dua malam? KompasTravel sempat melakukan perjalanan ke Lasem beberapa waktu lalu.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Seporsi kuliner Lontong Tuyuhan tersaji di meja Sentra Kuliner Lontong Tuyuhan di Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Jumat (10/2/2017). Lontong Tuyuhan berisi potongan lontong, daging ayam, dan kuah kuning.
Untuk transportasi, Anda bisa menggunakan kereta api. Jika naik kereta api, Anda mesti turun di Stasiun Semarang.

Kereta api yang melayani tujuan Stasiun Semarang Tawang dari Pasar Senen antara lain Tawang Jaya dan Jaya Baya. Sementara dari Stasiun Gambir yaitu Argo Muria, Argo Anggrek, Bangun Karta, Argo Sindoro, Argo Muria, dan Sembrani.

BACA: Liburan ke Lasem? Ini Panduan Transportasinya...

Seperti dicek di pegipegi.com, tiket kereta api dari Stasiun Pasar Senen untuk tanggal keberangkatan 24 Maret 2017, berkisar mulai dari Rp 84.000. Sementara dari Stasiun Gambir harga tiket berkisar mulai dari Rp 255.000.

Dari Stasiun Semarang Tawang, perjalanan mesti dilanjutkan ke Terminal Terboyo. Opsi tercepat untuk menuju Terminal Terboyo adalah menggunakan taksi dengan total biaya argo mulai dari Rp 30.000.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Pengurus Guest House Nyah Lasem, Joko menunjukkan kamar yang bisa diinapi oleh wisatawan di Guest House Nyah Lasem, Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Minggu (12/2/2017). Guest House Nyah Lasem adalah salah satu bangunan bergaya Cina Hindia yang bisa diinapi oleh wisatawan.
Sampai di Terminal Terboyo, kendaraan selanjutnya adalah bus jurusan ke Surabaya seperti bus Widi, PO Jaya Utama, Indonesia, dan lainnya. Tiket bus per orang seperti bus Widi Rp 35.000 dan Rp 22.000 untuk PO Jaya Utama.

Masuk ke penginapan. Di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem setidaknya ada dua buah bangunan China Hindia yang bisa diinapi. Rumah Merah atau Rumah Tiongkok Kecil dengan harga mulai dari Rp 300.000 per malam termasuk sarapan.

BACA: Yuk, Berburu Foto Instagramable di Lasem

Tak jauh dari Rumah Merah, ada Guest House Nyah Lasem. Harga penginapan mulai dari Rp 50.000 per malam belum termasuk sarapan.

Untuk biaya makan, aneka kuliner di Lasem relatif murah. Anda bisa menyantap kuliner seperti Lontong Tuyuhan dengan harga Rp 11.000 per porsi. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com