Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2017, 18:07 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Taiwan menargetkan kunjungan 300.000 wisatawan Muslim asal Indonesia selama tahun 2017. Target tersebut mengalami kenaikan hingga dua kali lipat dibandingkan pencapaian jumlah kunjungan wisatawan Muslim Indonesia tahun 2016.

"Saya sangat yakin pasar Indonesia akan meningkat ke depannya. Kami berharap bisa menarik 300.000 wisatawan Muslim Indonesia (tahun 2017)," kata Director of Taiwan Tourism Bureau Kuala Lumpur Office, Tony Wu, seusai acara Taiwan Tourism Workshop 2017 di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Ia menambahkan Taiwan dikunjungi sekitar 170.000 wisatawan Muslim Indonesia pada tahun 2016. Jumlah kunjungan tahun 2016 tersebut naik 10 persen dibandingkan tahun 2015.

"Kami membuka visa untuk Indonesia (bebas visa), itu membuka kesempatan kami (menarik wisatawan Indonesia). Tidak perlu visa untuk ke Taiwan," jelasnya.

Ia menekankan kebijakan bebas visa dinilai akan memudahkan kunjungan wisatawan Indonesia ke Taiwan. Wisatawan hanya perlu mengisi lembar registrasi dan mendaftarkan pengajuan bebas visa.

"Saya pikir Indonesia adalah negara yang potensial untuk pariwisata Taiwan. Mereka kebanyakan ke Taiwan untuk belanja. Belanja barang-barang elektronik juga sepatu," tambah Tony.

Sejumlah strategi untuk menarik wisatawan Muslim Indonesia juga telah disiapkan oleh badan pariwisata Taiwan. Salah satunya adalah mendorong sertifikasi halal untuk industri pariwisata Taiwan.

"Sekarang kami sudah memiliki lebih dari 100 restoran halal yang tersertifikasi yang tersebar di seluruh Taiwan. Maksud saya di tempat-tempat yang ramai dikunjungi wisatawan," kata Tony.

Ia menambahkan Taiwan juga telah menyiapkan sejumlah fasiltas ibadah untuk mendukung kebutuhan wisatawan Muslim Indonesia. Tony menyebutkan Taiwan memiliki tujuh mesjid yang tersebar di Taiwan.

Taiwan merupakan sebuah pulau yang memanjang dari utara ke selatan dengan luas sekitar 36.000 kilometer persegi. Beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Taiwan seperti pusat perbelanjaan Taipei 101, Taman Geologi Yehyui, Alishan, Danau Sun Moon, Taman Nasional Taroko, dan berbagai obyek wisata lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+