Selain Tiramisu, Ini 5 Hidangan Manis Populer Italia

Kompas.com - 23/03/2017, 22:14 WIB
Vanilla Panna Cotta. KOMPAS/RIZA FATHONIVanilla Panna Cotta.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Setiap daerah di Italia memiliki hidangan tradisional masing-masing. Namun ada beberapa hidangan pencuci mulut yang menjadi makanan nasional Italia.

Hidangan manis ini pun tak hanya mudah didapat di Italia tetapi juga menyebar ke berbagai negara di dunia. Berikut lima di hidangan pencuci mulut klasik khas Italia.

Tiramisu
Bisa dibilang, tiramisu merupakan hidangan manis khas Italia paling populer. Resep aslinya berasal dari daerah utara Italia, Treviso. Kue ini terdiri dari biskuit jenis ladyfinger, kopi, dan krim keju.

Cassata Siciliana
Hidangan khas Sicilia ini terbuat dari keju ricotta khas Italia, kue sponge, buah manisan, dan isian cokelat atau vanila.

Panna Cotta
Hidangan ini berasal dari daerah Piemonte. Kue ini biasanya disajikan dengan tambahan buah, cokelat, atau saus karamel. Teksturnya seperti puding dan terbuat dari krim dengan madu dan telur putih.

Baba au Rhum
Kue ini berasal dari Campania, tepatnya dari daerah Naples. Walaupun asal usul kue ini dipercaya dari Polandia. Kue yang direndam di sirum rum dan diisikan krim. Kuenya sendiri terbuat dari telur, susu, dan mentega.

Gelato
Gelato berarti "beku" dan asal usulnya dipercaya dari China. Berbeda dengan es krim pada umumnya, gelato menggunakan krim yang sedikit dan lebih banyak menggunakan susu. Sering kali telur kuning hanya digunakan sedikit atau tidak sama sekali.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X