Lagi "Hits" di Semarang, "Selfie" di Kampung Werno Bejelan

Kompas.com - 24/03/2017, 16:09 WIB
Kampung Kali Werno, Desa Bejelen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang menjadi obyek swa foto para pengunjung. Kompas.com/ Syahrul MunirKampung Kali Werno, Desa Bejelen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang menjadi obyek swa foto para pengunjung.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

AMBARAWA, KOMPAS.COM - Jika di Malang ada Kampung Wisata Jodipan atau di Yogyakarta ada Kampung Code, maka di Kabupaten Semarang ada namanya Kampung Kali Werno di Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa. Kampung Kali Werno ini adalah sebuah perkampungan yang dibelah Sungai Kalipanjang.

Dinding rumah-rumah warga dicat warna-warni dengan motif tertentu. Meski belum semua rumah bercat warna-warni, tetapi sejak dibuat sepekan yang lalu Kampung Kali Werno ini sudah dikunjungi ratusan orang.

Mereka menjadikan dinding rumah warga tersebut sebagai obyek foto selfie. Tidak hanya dinding rumah warga, tetapi juga jembatan talud yang ada sepanjang Sungai Kalipanjang dicat warna-warni.

Beberapa spot juga disediakan properti seperti sepeda ontel dan vespa tua untuk menambah variasi gaya berswa foto para pengunjung. Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Bejalen Anjar Eko Susanto, mengatakan, Kampung Werno Bejalen baru sepekan "diciptakan" dengan tujuan untuk memberikan alternatif wisata di Ambarawa.

Kompas.com/ Syahrul Munir Kampung Kali Werno, Desa Bejelen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang menjadi obyek swa foto para pengunjung.
"Dengan kampung warna-warni ini kami ingin mengangkat nama Desa Bejalen sebagai alternatif wisata di Ambarawa yang sudah dikenal dengan potensi wisatanya. Kemudian, kami melakukan mapping, apa yang bisa diangkat dari Bejalen ini," kata Anjar kepada Kompas.com, Rabu (22/3/2017).

Setelah memetakan potensi wisata yang ada di Desa Bejalen, maka ditemukanlah sungai Kalipanjang ini. Kemudian kampung yang ada di kiri-kanan sungai yang bermuara di Danau Rawapening ini dicat warna-warni dengan pola-pola dan gambar-gambar tertentu sehingga indah untuk dijadikan tempat berswa foto.

Menurut Anjar, penataan kawasan di Sungai Kalipanjang ini merupakan mimpi panjang warga untuk menjadikan kawasan ini sebagai obyek wisata perkampungan.

"Baru seminggu ini kami kerjakan dan belum dibuka secara resmi, tetapi sudah viral di media sosial. Lebih dari 300-an orang datang ke sini untuk foto selfie," ujarnya.

Hingga saat ini, imbuhnya, panjang talud serta rumah warga Desa Bejalan yang dicat berwarna-warni yakni 150 meter. Sungai yang membelah perkampungan ini terlihat sangat bersih, karena warga sudah sadar untuk tidak membuah sampah di sungai ini.

http://www.pictaram.com/user/desa_wisata_bejalen Kampung Kali Werno, Desa Bejelen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang menjadi obyek swa foto para pengunjung. http://www.pictaram.com/user/desa_wisata_bejalen/4698861366
Dalam rangka meramaikan Kampung Werno ini, Pokdarwis Desa Bejalen mengadakan lomba foto selfie dengan ketentuan foto yang diambil dari tanggal 1 hingga 30 Maret 2017 dan wajib menyertakan hastag #selfiedibejalen #desawisatabejalen #dfragma. Kemudian peserta juga wajib follow akun instagram @desawisatabejalen dan @d.fragma.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X