Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ie Suan, Penjaja Makanan di Mangga Dua yang Nyentrik

Kompas.com - 27/03/2017, 15:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ie Suan terlihat semringah ketika melayani permintaan pembeli yang mengajaknya selfie bersama. Dari gerak tubuh dan senyumnya, Ie Suan jelas sudah sangat akrab dengan kamera.

Perempuan asal Pontianak, Kalimantan Barat ini bukanlah seorang artis atau pesohor. Ia adalah penjual makanan di ITC Mangga Dua, Jakarta. Penampilannya nyentrik, dengan riasan di wajah yang pasti membuat orang yang berpapasan dengannya tersenyum.

"Sejak kapan dandan begini? Mau alis dulu apa bulu matanya dulu?" kata Ie Suan saat Kompas.com Travel menyambangi kantinnya di ITC Mangga Dua Lantai 4 Blok B Nomor 75, Minggu (26/3/2017).

Dari seluruh penampilan Ie Suan, alis dan bulu matanya yang paling mencolok. Alisnya melengkung membentuk kurva yang sempurna dari goretan pensil alis warna cokelat yang tebal. Garis kurva alis digambarnya tinggi sampai ke dahi.

Soal bulu mata Ie Suan, bulu mata antibadai ala Syahrini pun lewat. Bulu matanya panjang seperti bulu ayam. Warnanya polkadot kuning, senada dengan pakaian yang dikenakannya hari itu.

Sedangkan rambutnya disanggul tinggi dengan hiasan warna perak berbentuk bunga. Ukuran sanggulnya sebesar wajah Ie Suan sendiri.

Sementara pakaian yang dikenanakan Ie Suan terlihat biasa, blouse kuning cerah dan celana hitam.

Perhiasan yang dikenakan perempuan ini berukuran besar layaknya rapper di Amerika Serikat. Jangankan saya, ada anak kecil yang dengan polos menatap Ie Suan dengan takjub. Hampir tak berkedip sepuluh detik.

"Saya dandan begini cepat kok, cuma setengah jam udah sama sanggul," kata Ie Suan.

Ia mengaku jika dandanan nyentriknya bukan starategi penasaran, melainkan memang hobi dandan.

Kompas.com/Silvita Agmasari Ie Suan penjual makanan di Mangga Dua.
"Saya mulai gambar alis begini lebih dari dua tahun lalu. Kalau bulu mata kira-kira satu tahun ini," kata Ie Suan.

Perempuan murah senyum ini mengaku telah berjualan makanan di ITC Mangga Dua selama 11 tahun. Dia merasa bingung kenapa dirinya baru terkenal sekarang.

"Kira-kira satu bulan ini jadi terkenal, banyak di internet. Kayaknya karena banyak pembeli yang ajak foto, dari mulut ke mulut gitu," kata Ie Suan.

Meski foto dan video tentang dirinya viral di media sosial, Ie Suan mengatakan hal itu tak begitu berpengaruh kepada penjualan makanan.

Makanan yang dijualnya bermacam-macam, terdiri dari aneka kue basah seperti talam, bugis mandi, ketan duren, singkong Thailand, sampai makanan berat seperti bihun, bakmi ayam, aneka gorengan dan es.

Kompas.com/Silvita Agmasari Aneka kue basah di kanyin Ie Suan

Salah satu makanan khas Kalimantan Barat yang patut dicoba di kantin Ie Suan adalah coypan dengan isi bangkuang. Harga makanan yang dijualnya termasuk bersahabat, mulai Rp 4.000.

Ada delapan karyawan Ie Suan yang sigap melayani tamu. Ie Suan tentu saja juga ikut melayani tamu, bahkan menggoreng gorengan. Sanggul besar dan bulu mata super panjangnya tak menghalangi dia lincah bergerak. 

"Saya juga jual bulu mata begini loh kalau mau beli," ucapnya kepada pengunjung yang hendak membayar makanan. Lho...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com