Kompas.com - 29/03/2017, 17:08 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Jika datang ke Banyuwangi, Jawa Timur, Anda harus menyempatkan diri mampir ke Pendopo Shaba Swagata Blambangan yang berada di tengah Kota Banyuwangi tepatnya berada di seberang Taman Sritanjung Banyuwangi.

Kompleks pendopo yang dibangun sejak tahun 1771 tersebut adalah rumah dinas Bupati Banyuwangi.

Arsitektur yang unik serta bangunan yang memiliki nilai sejarah menjadikan Pendopo Shaba Swagata Blambangan menjadi tujuan wisatawan mancanegara dan domestik saat berkunjung ke Banyuwangi.

(BACA: Barong, Teater Tradisional Desa Kemiren Banyuwangi yang Masih Bertahan)

Di bagian depan pendopo, ada aula terbuka yang bisa menampung ratusan orang dan sering dijadikan acara-acara resmi Pemda Banyuwangi.

Jika menyusuri belakang terdapat guest house yang berbentuk bunker yang sering digunakan untuk menginap beberapa tamu kehormatan mulai dari Duta Besar AS, para diplomat asing, menteri, hingga Wapres Jusuf Kalla.

Guest house tersebut tersembunyi di dalam gundukan bukit yang rimbun dengan tanaman serta rumput hijau. Kamar-kamar eksklusif tersebut didesain tidak kalah dengan hotel bintang 5.

ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGI Anak-anak bermain alat musik khas Banyuwangi di Pendopo Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
"Wisatawan boleh datang ke pendopo Blambangan dan memang terbuka untuk siapa saja. Tamu yang datang akan disambut dengan baik," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada KompasTravel, Rabu (29/3/2017).

(BACA: Banyuwangi Festival 2017, dari Pecel Pitik sampai Batik)

Selain itu Pemkab Banyuwangi juga telah melatih petugas kebersihan yang ada di Pemkab Banyuwangi untuk menjadi pemandu wisata. Di bagian belakang Pendopo Shaba Swagata Blambangan terdapat taman yang teduh dengan lampion warna warni.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.