Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restoran Indonesia Bakal Dibuka di Kota Tua Henan, China

Kompas.com - 30/03/2017, 17:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu restoran Indonesia akan dibuka di Kota Louyang, Provinsi Henan, China. Beragam makanan Indonesia akan disajikan di negeri berjuluk "Tirai Bambu" tersebut.

"Restoran Wonderful Indonesia ada di lantai 25, Hotel Peony. Itu revolving restoran," kata Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner Kementerian Pariwisata, Vita Datau usai jumpa pers "Dialog Gastronomi Nas­ional" di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

(BACA: Xinjiang, Target Wisata Halal Indonesia di China)

Ia mengatakan restoran Indonesia tersebut akan menyajikan kuliner seperti soto, nasi goreng, rendang, gado-gado dan sate. Menurut Vita, restoran itu bekerja sama dengan pengusaha setempat.

"Jadi kita hanya meng-advice dan mempromosikannya saja. Kalau kita buat baru itu kan sangat sulit. Solusinya kita pilih yang sudah eksis," jelasnya.

(BACA: Sertifikasi Halal Restoran, Keluhan Menpar, hingga Turis China...)

Menurut Vita, Kementerian Pariwisata akan mem-branding restoran tersebut dengan nama "Restoran Wonderful Indonesia". Pihaknya, lanjut Vita, akan melatih koki-koki restoran tersebut bekerja sama dengan pakar kuliner Sisca Soewitomo.

"Bu Sisca nanti akan berangkat ke sana untuk melatih koki. Kokinya orang sana (China). Kita latih mereka dengan sistem pakai video, lalu kita datang, mencoba rasa dan resepnya," ujarnya.

Vita mengatakan pelatihan itu agar koki lebih mandiri. Hal itu juga untuk memastikan kelangsungan restoran.

Louyang adalah salah satu kota di China yang memiliki sejarah yang kuat. Di sana, terdapat cerita-cerita tentang kejayaan kekaisaran di Louyang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com