Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Naik Pesawat, Ini Waktu Terbaik Pergi ke Toilet

Kompas.com - 31/03/2017, 13:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang menghindari buang air di pesawat karena berbagai faktor. Namun, lain halnya bila Anda naik penerbangan jarak jauh.

Sebetulnya ada waktu yang tepat untuk ke toilet. Pada waktu-waktu ini, kemungkinan Anda akan terhindar dari antrean toilet.

"Segera setelah pilot mematikan lampu kenakan sabuk pengaman, dan sebelum minuman disajikan," kata mantan pramugari Erika Roth seperti dilansir dari situs Travel and Leisure.

BACA: 8 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli Tiket Pesawat

Menurut Roth, pada waktu tersebut jarang ada penumpang yang menggunakan toilet. Anda pun dapat menggunakan toilet dengan lebih leluasa.

Pada momen tersebut pula penumpang dapat menggunakan toilet selama maksimal 10 menit. Apabila berada di toilet selama 20 menit, pramugari akan mulai memeriksa keadaan dengan mengetuk pintu toilet.

BACA: Tas Anda Boleh Masuk Kabin Pesawat, Asal...

Jika merasa terganggu dengan bau toilet, Anda dapat meminta pramugari untuk menggantungkan bubuk kopi.

Menurut Roth, pramugari akan dengan senang hati melakukan permintaan penumpang tersebut. Faktanya kasus toilet yang berbau cukup menggangu penerbangan.

Seperti penerbangan maskapai SpiceJet rute Bangalore ke Delhi, India yang dipaksa melakukan pendaratan darurat karena adanya bau yang menyengat dari toilet sampai kokpit.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com