Mau "Roadtrip"? Cek Dulu Jenis-jenis "Camper Trailer" Ini

Kompas.com - 01/04/2017, 20:04 WIB
Kendaraan ini tak bermesin, tapi bergandengan dengan mobil di depannya KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWANKendaraan ini tak bermesin, tapi bergandengan dengan mobil di depannya
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi penyuka roadtrip, memiliki  campervan atau  camper trailer pasti jadi salah satu bucket list. Ada perbedaan mendasar antara keduanya, campervan mencakup satu mobil sementara camper trailer adalah trailer tambahan yang digandeng oleh mobil.

" Camper trailer sendiri dalam bahasa Indonesia merupakan kendaraan gandeng yang bisa digunakan untuk bermalam dalam suatu perjalanan. Kendaraan ini tak bermesin, tapi bergandengan dengan mobil di depannya," ujar Tour Operator Samarauke Adventure, Hasan saat ditemui KompasTravel di sela-sela acara International Indonesia Outdoor Festival ( IIOutfest) 2017 di Senayan, Jakarta, Sabtu (1/4/17).

Hasan menjelaskan, perjalanan darat menggunakan camper trailer terbilang langka di Indonesia. Biasanya camper trailer digunakan oleh warga negara Amerika Serikat atau Australia.

"Oleh karena itu kami di sini ingin memperkenalkan macam-macam camper trailer. Misalnya jenis Pop-up Tent, Teardrop dan Caravan," tambah Hasan.

Camper trailer yang paling minimalis, lanjut Hasan, adalah Pop-up Tent. Camper trailer jenis ini biasanya berkapasitas empat orang. Fasilitas yang terdapat pada jenis ini adalah dapur minimalis, ruang tengah, dan ruang tidur lengkap dengan kipas angin. Ada juga penampungan air bersih berkapasitas 180 liter.

"Yang kedua ada camper trailer jenis Teardrop. Hampir sama dengan Pop-up Tent, camper trailer jenis ini juga berkapasitas empat orang. Yang membedakan hanya lokasi tempat tidurnya. Kalau Pop-up Tent, kamar tidurnya berada di samping. Sedangkan untuk Teardrop berada di dalam trailer," papar Hasan.

KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Camper trailer jenis Teardrop berkapasitas empat orang.

Fasilitas yang biasanya terdapat pada camper trailer jenis Teardrop adalah dapur, meja makan, televisi, karaoke set dan kamar tidur dengan pendingin ruangan. Terdapat tempat penampungan air bersih sebanyak 200 liter.

Selanjutnya, camper trailer yang terbesar adalah jenis Caravan dengan kapasitas 6-8 orang. Caravan mempunyai penampungan air sebanyak 280 liter. Fasilitas yang tersedia di Caravan hampir sama dengan Teardrop, yang membedakan hanyalah kamar mandinya.

"Untuk jenis Pop-up Tent dan Teardrop, kamar mandinya portable bisa dibawa ke mana saja. Sedangkan pada Caravan, kamar mandi terdapat di dalam trailer," jelas Hasan.

KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Camper trailer yang terbesar adalah jenis Caravan dengan kapasitas 6-8 orang.

Saat ditanya mengenai kisaran harga camper trailer ini, Hasan menjelaskan untuk jenis Pop-up Tent dihargai Rp 120 juta, Teardrop Rp 180 juta, dan Rp 200 juta untuk jenis Caravan. Harga sudah termasuk fasilitas di dalam trailer seperti kasur, ac, kulkas, dan sebagainya. Tertarik untuk memiliki camper trailer dan melakukan perjalanan darat yang mengesankan?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X