Sambil Berlibur, Para Siswa Ini Mainkan Musik Tradisional dan Modern

Kompas.com - 02/04/2017, 21:02 WIB
Ratusan pelajar asal Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat memanfaatkan liburan akhir pekan mereka dengan berwisata ke Kabupaten Polewali Mandar sambil belajar dan mengenal sejumlah kesenian tradisional seperti calong, rebana kecapi. Para siswa ini juga melakukan kolaborasi musik tradisonal dengan musik kontemporer untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan berbeda. KOMPAS.com/JUNAEDIRatusan pelajar asal Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat memanfaatkan liburan akhir pekan mereka dengan berwisata ke Kabupaten Polewali Mandar sambil belajar dan mengenal sejumlah kesenian tradisional seperti calong, rebana kecapi. Para siswa ini juga melakukan kolaborasi musik tradisonal dengan musik kontemporer untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan berbeda.
|
EditorI Made Asdhiana

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Beragam kesenian tradisional yang tumbuh dan lestari di Sulawesi Barat mengilhami sekelompok siswa di Kabupaten Mamuju untuk melakukan eksperimen musik, Sabtu (1/4/2017).

Kolaborasi beragam kesenian tradisonal seperti calong, kecapi, rebana dan aneka alat musik tradisional lainnya dengan peralatan musik kontemporer seperti gitar dan organ mampu menghasilkan irama musik yang indah namun tetap lekat dengan nuansa etnisnya.

Ratusan pelajar asal Kabupaten Mamuju ini memanfaatkan liburan akhir pekan mereka dengan berwisata ke Polewali Mandar sambil belajar dan mengenal sejumlah kesenian tradisional seperti calong, rebana kecapi.

(BACA: Ini yang Pertama, Museum Musik Indonesia Hadir di Malang)

Agar bisa menghasilkan irama musik kolaborasi yang indah, para siswa ini harus belajar memainkan aneka musik tradisional seperti kecapi, rebana dan calong.

Di bawah bimbingan instruktur para siswa kreatif ini tak kesulitan belajar dan memainkan aneka musik tradisional Mandar dengan singkat.

KOMPAS.com/JUNAEDI Ratusan pelajar asal Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat memanfaatkan liburan akhir pekan mereka dengan berwisata ke Kabupaten Polewali Mandar sambil belajar dan mengenal sejumlah kesenian tradisional seperti calong, rebana kecapi, Sabtu (1/4/2017). Para siswa ini juga melakukan kolaborasi musik tradisonal dengan musik kontemporer untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan berbeda.
Setelah mahir memainkan beberapa alat musik tradisional Mandar, mereka mencoba mengawinkan musik tradisional dengan gitar dan organ untuk menghasilkan irama musik indah yang baru meski nuansa etnisnya tetap lekat.

Nilawati, siswa SMK Mamuju mengaku sudah lama tertarik untuk mempelajari beragam kesenian tradisional Mandar yang tetap lestari sebagai sebuah kekayaan warisan budaya di Sulawesi Barat.

(BACA: Musik Angklung dan Lukis Batik Pukau Penumpang Bandara Changi)

Nilawati bersama ratusan siswa lainnya memanfaatkan waktu liburan mereka untuk berwisata sambil belajar aneka musik tradisional di Polewali Mandar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X