Kompas.com - 04/04/2017, 07:49 WIB
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Pemerintah Negara Bagian Victoria, Australia, terus mempromosikan buah-buahan produksinya ke Indonesia. Untuk urusan tersebut, mereka bahkan sampai menggelar pemecahan rekor lewat Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).
 
Kegiatan bertajuk "99 Flaming Fruit" itu merupakan rangkaian dari kampanye "Now! In Season", yaitu promosi buah-buahan segar dari Victoria, yang diadakan pada Jumat (31/3/2017) di Neo Soho Main Atrium, Jalan Letjen S Parman, Jakarta Barat.
 
"Kegiatan ini bukan hanya rekor Indonesia, bahkan ini rekor dunia," ujar Jaya Suprana, CEO sekaligus pendiri Muri.
 
Menurut dia, acara tersebut tidak hanya untuk pemecahan rekor, tetapi juga bentuk "diplomasi" buah-buahan. Dia berharap, sebaliknya buah-buahan dari Indonesia juga bisa dipasarkan ke Australia.
 
"Saya ingin agar selanjutnya gantian buah-buahan Indonesia bisa dijual dan dikonsumsi masyarakat Australia, termasuk Victoria. Kita harus think globally, act locally," kata Jaya Suprana. 
 
Pada acara "99 Flaming Fruit" tersebut, panitia menyediakan 99 gelas yang membuat aktivitas ini disebut memecahkan rekor Muri. Para mahasiswa Universitas Podomoro yang hadir di acara itulah yang kemudian melakukan flaming fruit, yaitu memanaskan cairan di atas sendok, lalu dimasukkan ke dalam gelas berisi buah-buahan dari Victoria. Buah-buahan tersebut terdiri dari anggur, nectarine, plum, dan almond.
 
Menteri Usaha Kecil, Inovasi, dan Perdagangan Philip Dalidakis, yang hadir mewakili Pemerintah Victoria, mengatakan bahwa kegiatan tersebut tidak sekadar pesta pemecahan rekor menggunakan buah-buahan, tetapi juga soal hubungan antar-manusia.
 
"Yaitu mengembangkan persahabatan, khususnya hubungan antara Indonesia dan Victoria, Australia," ucap Dalidakis.
 
Rektor Universitas Podomoro, Cosmas Batubara, yang turut hadir di acara itu mengatakan bahwa sebelumnya perguruan tinggi tersebut pernah bekerja sama dengan Pemerintah Victoria.

"Sebelumnya kami pernah bekerja sama dan ini kelanjutannya. Kebetulan sekarang di Victoria sedang musim buah-buahan, jadi kami manfaatkan momen ini," ujar Cosmas.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.