Kompas.com - 04/04/2017, 08:11 WIB
Sebuah kapal phinisi berlabuh di perairan Pulau Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016). Luas pulau berpasir putih dan dipenuhi homestay ini cuma 6 hektar. Desa Arborek pernah meraih juara satu sebagai Kampung Wisata Terbaik se Papua Barat. Berjalan kaki sepanjang pantai atau memasuki perkampungan sangat disukai wisatawan. KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANASebuah kapal phinisi berlabuh di perairan Pulau Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016). Luas pulau berpasir putih dan dipenuhi homestay ini cuma 6 hektar. Desa Arborek pernah meraih juara satu sebagai Kampung Wisata Terbaik se Papua Barat. Berjalan kaki sepanjang pantai atau memasuki perkampungan sangat disukai wisatawan.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Turis dari negara Eropa dan China mendominasi wisata bahari dengan cara Live On Board (LOB) di Indonesia bagian timur. Hal itu diungkapkan oleh operator jasa LOB di Indonesia.

"Market kita 70 persen dari luar negeri. Yang paling banyak dari China dan Eropa," kata Sales & Reservation dari operator jasa LOB, Pearl of Papua, Ecy kepada KompasTravel di sela-sela acara pameran wisata Deep & Extreme 2017 beberapa waktu lalu.

Menurutnya, turis China masuk ke Indonesia kebanyakan adalah penyelam. Hal itu dilakukan ketika mengambil paket LOB.

"China selalu banyak diver dari mulai pemula hingga profesional. China itu 45 persen dari 70 persen market kita. Banyak yang gabung ke trip turis Indonesia," jelasnya.

(BACA: Mau Coba Wisata Live on Board? Simak Hal Penting Berikut)

Ia juga menyebutkan turis-turis dari negara Eropa seperti Jerman dan Spanyol juga menggemari wisata LOB. Turis-turis Eropa itu biasanya tinggal sekitar 11-12 hari.

Chief of Reservation dari operator jasa wisata LOB lainnya yaitu Grand Komodo, Thian menyebut saat ini turis-turis yang paling menggemari LOB adalah dari Jerman.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Grand Komodo melayani LOB di destinasi wisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dan Raja Ampat, Papua Barat.

"Kalau orang Jerman itu sepanjang tahun (wisata LOB). Kalau secara market keseluruhan adalah turis Taiwan dan Korea," tambahnya.

Live On Board adalah jenis wisata bahari yang mengajak wisatawan merasakan pengalaman tidur di kapal. Wisatawan juga diajak untuk menuju obyek-obyek wisata menggunakan kapal.

******

KompasTravel menghimpun 48 destinasi di seluruh Indonesia yang cocok dengan preferensi traveling Anda. Mulai dari indahnya wilayah barat Indonesia yakni Provinsi Aceh, hingga eksotisme kawasan timur Nusantara yakni Raja Ampat dan Papua.

Inilah Visual Interaktif Kompas (VIK) Vakansi Indonesia: http://vik.kompas.com/vakansi/

VIK Vakansi Indonesia adalah panduan lengkap untuk destinasi traveling Anda selanjutnya. KompasTravel juga menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan, mulai dari how to get there, where to stay, what to do, what to eat, dan what to buy. Opsi transportasi dan akomodasi hadir dalam dua jenis, yakni koper dan ransel.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X