Kompas.com - 04/04/2017, 12:02 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Snorkel adalah salah satu yang diperlukan untuk melakukan selam permukaan atau biasa disebut snorkeling. Anda cukup menggunakan snorkel agar bisa tetap bernafas saat menikmati keindahan laut.

Tentunya snorkel perlu perawatan yang baik agar tetap bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Berikut beberapa tips dari Sales Manager Scubalife Dive Center, Budi Oey saat ditemui dalam acara Deep & Extreme 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta beberapa waktu lalu.

Hal pertama adalah tentang air. Setelah digunakan snorkeling, Budi menyarankan untuk membilas seluruh bagian snorkel dengan air tawar yang mengalir.

"Untuk mencuci bisa pakai cairan khusus seperti air cuka. Kalau orang-orang biasanya kasih sabun cair karena air laut itu korosif," jelas Budi.

BACA: Berburu Peralatan Snorkeling di Deep & Extreme, Ini Daftar Harganya

Saat mencuci perhatikan seluruh bagian snorkel. Pastikan bagian-bagian snorkel seperti dry valve dan mouth piece bersih dari pasir-pasir yang menempel.

"Untuk bagian valve-nya dibiasakan untuk dibersihkan. Kalau ada pasir nanti suka menghambat udara," tambah Budi.

Setelah mencuci dan membilas, jemur snorkel dengan cara digantung agar terkena angin. Hindari menjemur snorkel tepat di bawah pancaran sinar matahari langsung.

"Kalau kena sinar matahari langsung, itu bagian flexible snorkel bisa kuning dan kelihatan dekil," ujarnya.

BACA: Repot Packing Peralatan Snorkeling? Ini Tipsnya...

Tempat penyimpanan snorkel setelah dicuci juga perlu diperhatikan. Simpanlah snorkel di tempat yang sejuk dan bisa dimasukkan ke dalam tas atau boks.

Jika snorkel ingin digunakan kembali, selalu pastikan dalam keadaan bersih. Saat dibawa naik perahu, hindari paparan sinar matahari langsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.