Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kutunggu Kamu Malam Minggu di Tugu

Kompas.com - 05/04/2017, 16:04 WIB
Kontributor Travel, Fira Abdurachman

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tugu Yogyakarta memang tak seramai atau setenar Malioboro. Namun yang jelas, tempatnya tak kalah seru apalagi saat malam Minggu.

Kawasan Tugu menjadi tempat kongkow para anak muda Yogyakarta, baik bersama teman maupun keluarga. Meski begitu, walaupun Anda sendirian, banyak spot yang bisa dinikmati meski hanya menjelajah sekitar.

BACA: Mengintip Prosesi Pergantian Prajurit Pura Pakualaman Yogyakarta

Kebanyakan muda-mudi duduk di sekitar Tugu Yogya. Serunya, Anda bisa melihat para seniman dengan kostum menarik bak pemain teater. Anda bisa berfoto bersama para seniman ini, dengan bayaran seikhlasnya. Ada yang membayar Rp 5.000, ada juga yang membayar Rp 10.000.

KOMPAS.COM/FIRA ISROFILLAH Anda bisa berfoto bersama para seniman ini, dengan bayaran seikhlasnya. Ada yang membayar Rp 5.000, ada juga yang membayar Rp 10.000.

Di pinggir jalan raya, para anak muda menikmati aneka makanan dan minuman angkringan. Minuman favorit sudah pasti kopi joss, kopi yang dicelup bara api.

"Kalau malam Minggu ya paling ramai. Mereka (pengunjung) bisa nongkrong sampai pagi," tutur Yaya, kasir yang bertugas di salah satu angkringan di sekitar kawasan Tugu Yogya kepada KompasTravel.

BACA: Yu Djum dan 4 Gerai Gudeg Legendaris di Yogyakarta

Di angkringan juga tersedia berbagai menu nasi kucing dan lauk tambahannya. Harga menu angkringan terbilang murah, antara Rp 3.000 sampai Rp 5.000 saja. Para tamu kebanyakan lebih memilih duduk lesehan dibanding tempat duduk yang tersedia.

KOMPAS.COM/FIRA ISROFILLAH Di angkringan juga tersedia berbagai menu nasi kucing dan lauk tambahannya. Harga menu angkringan terbilang murah, antara Rp 3.000 sampai Rp 5.000 saja.t

Di sekitar kawasan Tugu juga terdapat beberapa kafe. Tempatnya lebih eksklusif sehingga Anda bisa menikmati suasana jalanan di sekitar Tugu. Suasananya menarik, santai, seru, sekaligus romantis.

Jadi tak ada salahnya mengajak seseorang yang spesial untuk menikmati malam Minggu di kawasan Tugu. Katakan padanya, kutunggu kamu malam Minggu di Tugu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com