Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

240 Hotel di Indonesia Raih Penghargaan dari Traveloka

Kompas.com - 06/04/2017, 22:01 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Agen perjalanan online, Traveloka memberikan penghargaan kepada 240 hotel di Indonesia. Acara penyerahan penghargaan bernama Traveloka Hotel Awards itu sendiri dilaksanakan dari bulan Maret hingga April 2017, berlokasi di lima daerah di Indonesia yakni Bali, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.

"Traveloka Hotel Awards adalah ajang penghargaan pertama yang dilakukan Traveloka sebagai wujud penghargaan apresiasi kami terhadap mitra hotel yg berkerja sama kepada Traveloka memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen," kata Country Market Manager Traveloka, John Safenson saat acara jumpa pers sebelum Traveloka Hotel Awards di Jakarta, Kamis (6/4/2017).

John menjelaskan jika penghargaan Traveloka Hotel Award dinilai berdasarkan ulasan dari tamu yang menginap di hotel dan memesan melalui Traveloka. Penghargaan tak dinilai berdasarkan peringkat bintang dari hotel, melainkan dibagi menjadi tiga kategori besar.

Kategori tersebut adalah value category yakni pengalaman menginap konsumen berbanding dengan harga terbaik, premium category yakni pengalaman berbanding tingkat kenyamanan yang maksimal, dan prestige category yakni pengalaman yang ekslusif melebihi ekspetasi.

Dari tiga kategori besar, kemudian penghargaan dibagi menjadi lebih detail yakni penghargaan dari penilaian terhadap makanan, kebersihan, pelayanan, dan secara keseluruhan.

"Pengalaman tamu penting untuk konsumen memutuskan penilaian suatu kamar dan bermanfaat pula bagi hotel. Bagi hotel yang punya review positif dapat respon positif, dapat lebih banyak mendatangkan konsumer dan memberi referensi bagi tamu yang lain, juga meningkatkan loyalitas konsumen," ungkap John.

Dari lima daerah di Indonesia, masing-masing akan mendapat 28 pengharaan dan sisanya dibagikan di luar daerah Jakarta, Bali, Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung. Berdasarkan data dari Traveloka, lebih dari 90 persen konsumen akan membaca review sebelum melakukan pemesanan akomodasi. Kemudian lebih dari 70 persen konsumen merasa review yang dibaca penting. Penilaian secara keseluruhan dengan makanan, kebersihan, dan pelayanan adakah elemen yang paling dianggap penting oleh konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com