Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Unik, Banyuwangi Segera Buka Kampung Cokelat

Kompas.com - 07/04/2017, 05:02 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terus mengembangkan destinasi wisata baru di daerahnya. Salah satunya, dalam waktu dekat Banyuwangi akan mendirikan destinasi kampung cokelat.

"Sedang kita siapkan kampung cokelat di daerah Kecamatan Glenmore," ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, usai memberikan orasi ilmiah dalam acara penyerahan ijazah Universitas Terbuka Jember, Kamis (6/4/2017).

Menurut Anas, potensi cokelat di Kabupaten Banyuwangi cukup besar, bahkan sudah sampai ke luar negeri.

"Saya pernah ke luar negeri dan bertemu orang, waktu itu bercerita kalau cokelat yang dia pegang dibeli di Banyuwangi, ini kan luar biasa," katanya.

Agar potensi cokelat tersebut benar-benar maksimal, lanjut Anas, Pemkab Banyuwangi menggandeng Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia. "Kami sangat serius menggarap destinasi ini, karena kami ingin hasilnya maksimal, sebab tantangan ke depan sangat luar biasa," katanya.

Selain akan mengembangkan cokelat, Pemkab Banyuwangi juga akan memaksimalkan sejumlah potensi holtikultura seperti Jeruk dan Buah Naga.

"Potensi holtikultura kita sangat luar biasa, mulai dari kopi, jeruk, buah naga. Makanya kita dorong terus agar maksimal hasilnya," pungkas Anas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com