Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Terjun Cipendok Keruh, Kunjungan Wisatawan Menurun

Kompas.com - 07/04/2017, 21:33 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.com - Problem air keruh di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah belum tuntas. Meski tak separah sebelumnya, Air Terjun Cipendok masih keruh, terutama saat turun hujan.

Pengelola Wanawisata Curug Cipendok, Krusharto mengatakan, keruhnya aliran Sungai Cipendok bukan hanya berdampak sosial dan menyusahkan warga.

Industri pariwisata Cipendok yang mengandalkan curug sebagai ikon wisata turut terpukul, lantaran tingkat kunjungan wisatawan merosot.

Tak tanggung-tanggung, Krusharto mengatakan, pihaknya kehilangan 6.000 pengunjung sejak air curug mulai keruh, tengah Desember 2016 hingga awal April 2017.

"Jika di tahun sebelumnya pada periode sama, mulai Desember sampai Maret, ada 10 ribu kunjungan wisatawan, kini hanya ada 4 ribu kunjungan, atau 6 ribu potensi kunjungan hilang," katanya, Jumat (7/4/2017).

(BACA: Kedung Kandang, Air Terjun Tersembunyi di Gunungkidul)

Dampak air keruh bukan hanya mengurangi pemasukan dari hasil penjualan tiket masuk. Sejumlah sektor usaha pendukung disebutnya turut lumpuh.

Warung-warung di kompleks wisata sepi pelanggan karena jarang wisatawan datang. Area parkir wisata longgar lantaran sepi kendaraan. Industri perhotelan di destinasi wisata itu juga turut terimbas.

Okupansi hotel menurun seiring dengan berkurangnya jumlah kunjungan wisatawan ke Cipendok.

"Ini kan multiplier effects. Jika pariwisatanya lesu, sektor pendukungnya ikut lesu. Dampak sosialnya lebih besar," kata Krusharto.

(BACA: Melancong ke Sumba, Kunjungi Lapopu, Air Terjun Tertinggi di NTT)

Menurut Krusharto, pengelola juga harus bekerja lebih keras untuk mengembalikan keindahan Cipendok.

Sejumlah petugas dikerahkan untuk membersihkan dedaunan yang terkena lumpur di sekitar curug sehingga berubah coklat dan tak enak dipandang.

Pengelola juga harus berusaha keras untuk mengembalikan citra Cipendok agar tetap menarik di mata wisatawan.

"Kami bergerak di medsos untuk memulihkan citra Cipendok. Kami tawarkan spot-spot lain di sekitar yang tak kalah menarik dari curug," sambungnya. (Tribun Jateng/Khoirul Muzakki)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com