Liburan di Thailand, Wajib Coba Aneka Buah Ini

Kompas.com - 10/04/2017, 21:17 WIB
Selain pomelo, ada juga beragam buah lainnya seperti mangga, nanas, dan durian yang dijual di Chiang Mai Night Market, Thailand, Kamis (22/9/2016). KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRISelain pomelo, ada juga beragam buah lainnya seperti mangga, nanas, dan durian yang dijual di Chiang Mai Night Market, Thailand, Kamis (22/9/2016).
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Thailand terkenal sebagai negara dengan industri agrikultur yang maju. Tak heran hasil bumi di Thailand cukup melimpah, termasuk buah-buahan Thailand yang terkenal berukuran besar dan bercita rasa manis.

Jika berkunjung ke Thailand, jangan lewatkan mencicipi buah-buahan khas negara tersebut. Meskipun mirip dengan buah-buahan di Indonesia, tetapi tetap ada perbedaan antara buah di Thailand dan Indonesia.

BACA: Buah dari Surga, Bagaimana Rasanya?

Umumnya buah-buahan khas Thailand juga lebih mudah didapatkan di daerah Thailand bagian selatan. Berikut adalah buah khas Thailand yang sayang dilewatkan jika berada di Thailand dikutip dari brosur "Fruits of Thailand" yang dirilis Department of Agricultural Extension :

1. Durian

Durian Bangkok terkenal hingga Indonesia. Durian ini terkenal oleh dagingnya yang tebal bewarna kuning keemasan, tekstur creamy, dan manisnya yang legit. Dalam bahasa Thailand, buah Durian disebut Thurian. Uniknya durian di Thailand berbuah sepanjang tahun. Puncak panen berada di bulan April sampai Agustus.

2. Aneka jambu

Sama seperti di Indonesia, jambu di Thailand terdiri dari beberapa jenis seperti jambu air, jambu klutuk, dan jambu bol. Semua jambu di Thailand memiliki tingkat kemanisan yang tinggi, hanya berbeda tekstur.

Jambu klutuk bertekstur lebih garing, jambu bol lebih lembek, dan jambu air memiliki tekstur garing namun berair. Jambu bol menjadi rekomendasi KompasTravel karena di Indonesia agak sulit ditemui dan memiliki wangi yang khas. Sama seperti durian, masa panen Jambu di Thailand adalah sepanjang tahun.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Pomelo alias jeruk Bali yang dijual di Chiang Mai Night Market, Thailand, Kamis (22/9/2016).

3. Asam jawa manis

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X